Friday, April 29, 2011

Mobil-Mobil Terburuk 2011 Versi Forbes

 Forbes

Majalah ekonomi Amerika Serikat (AS), Forbes - terkenal dengan peringkat orang terkaya di dunia - merilis daftar mobil terburuk 2011 yang dipasarkan di negara tersebut. Hebatnya, penilaian Forbes dikutip lagi oleh banyak media otomotif lain, terutama online.
Hasil dari penilaian Forbes itu menggagetkan! Pasalnya, justru produk Amerika yang banyak dinilai buruk. Dari 13 model yang terpilih, kategori terburuk Forbes didominasi oleh dua produsen asal AS, yaitu General Motors dan Chrysler.
Dari Eropa muncul Mercedes-Benz S-Class dan Smart. Satu-satunya wakil Jepang adalah Nissan Titan. Sementara Ford lolos!
Kriteria Kriteria mobil terburuk didasarkan pada nilai total terendah dari 6 parameter yang ditilik yaitu keandalan dan performa kendaraan yang dilakukan oleh Consumer Report. Parameter tersebut Most Reliable Cars, Best and Worst Safety Performance Survey, Best and Worst Fuel Economy, Highest Cost of Ownership, Best and Worst Values Report dan total nilai mobil baru dariConsumer Report.
Dijelaskan, Mercedes-Benz S550  masuk dalam daftar mobil terburuk karena biaya kepemilikan yang tinggi dan konsumsi bahan bakarn yang boros yang mengakibatkan nilai rata-ratanya rendah. Dalam hal ini, keandalan, keamanan atau performa tidak menentukan. Karena itu pula, SUV mewah Cadillac, Escalade dengan interior mewah dan berkualitas tinggi dan mesin yang sangat bertenaga, juga masuk sebagai mobil terburuk.
“Nilai terburuk adalah biaya paling tinggi kepemilikan” komentar Terry Woychowsky, Wakil Presiden Kualitas dan Global GM. Analoginya, “Jika mengutamakan harga untuk membeli jam dan akurasi waktu, pilihan jatuh pada Casio. Namun bila pertimbangannya harga dan nilai, ya Rolex,” tegasnya.
Ditambahkan, mobil-mobil sekarang ini lebih aman, efisien dan makin andal dibandingkan 15 tahun lalu. Namun bisa saja kendaraan seperti Jeep Liberty kurang andal dan boros bahan bakar.
Jeep Liberty dan Wrangler dinilai oleh Consumer Report sebagai kendaraan mobil yang  paling rendah keandalannya. Sementara Wrangler menerima  predikat terburuk. Untuk memperoleh data ini digunakan 50 orang yang langsung melakukan test tehadap dan menggemudikannya langsung.
Berikut mobil-mobil yang dinilai terburuk:Cadillac Escalade, Chevrolet Tahoe Hybrid, Aveo, Colorado, Dodge Nitro, Dakota, Jeep Liberty, Jeep Wrangler, Chrysler Town & Country, Nissan Titan, Mercedes-Benz S-Klasse  dan Smart ForTwo.

No comments:

Post a Comment