Rabu, 20 April 2011

Dijual Escudo 96 Warna Hitam Posisi Samarinda

Dijual Escudo 96 Warna Hitam Posisi Samarinda Harga 85Jt/Nego Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754







Tablet BlackBerry PlayBook Akhirnya Beredar

Jelang beberapa pekan sebelum BlackBerry World Conference yang akan digelar di Orlando, Florida, AS, 3-5 Mei 2011, BlackBerry PlayBook akhirnya resmi beredar. Tablet pertama buatan Research In Motion Kanada itu mulai bisa dinikmati konsumen, Selasa (19/4/2011).
Menurut sejumlah analis yang dilansir situs Wall Street Journal, Research In Motion (RIM) diperkirakan dapat mendistribusikan 2 juta hingga 4 juta BlackBerry PlayBook selama tahun 2011. Namun, firma analis Gartner memprediksi, tablet tersebut tidak akan lebih laku, baik dibandingkan dengan iPad maupun tablet berbasis Android.
Laporan terakhir Gartner yang dirilis 11 April 2011 menunjukkan, pada tahun 2015, platform iOS Apple tetap akan mendominasi pasar tablet dengan 47,1 persen, Android 38,6 persen, dan QNX (RIM) 10 persen. Sisanya web OS 3 persen, MeeGo 1 persen, dan lain-lainnya 0,2 persen.
"Butuh waktu dan upaya lebih keras bagi RIM untuk menarik para pengembang dan menyediakan ekosistem aplikasi dan layanan yang sesuai bagi QNX untuk bisa bersaing ketat dengan iOS dan Android," kata Carolina Milanesi, VP Research Gartner. Menurutnya, pasar terbesar bagi tablet tersebut adalah para konsumen enterprise yang memang sudah menggunakan solusi BlackBerry untuk layanan teknologi informasi.
BlackBerry PlayBook memang selama ini digembar-gemborkan hadir dengan fitur canggih untuk pengguna profesional. Tablet tersebut juga diklaim paling mendukung konten web saat ini, termasuk mendukung penuh Flash. BlackBerry PlayBook juga bisa difungsikan sebagai pasangan bagi BlackBerry karena fitur tethering-nya dapat menampilkan e-mail, kalender, dan informasi lain yang ada di smartphone BlackBerry pengguna.
RIM membanderol tablet ini dengan harga yang sama seperti pesaingnya. Saat ini baru tersedia model WiFi saja dengan harga 499 dollar AS untuk model berkapasitas memori 16 GB, 599 dollar AS untuk 32 GB, dan 699 dollar AS untuk model berkapasitas memori 64 GB.

Microsoft Umumkan Empat Finalis Imagine Cup

Program Imagine Cup, kompetisi inovasi teknologi tahunan bertaraf internasional yang digagas Microsoft, mengumumkan 4 tim semi-finalis dari Indonesia. Salah satu tim pemenang utama akan mewakili Indonesia untuk bertarung di ajang Imagine Cup 2011 tingkat global yang akan diselenggarakan di New York, Amerika Serikat pada tanggal 8-13 Juli 2011 mendatang.
Imagine Cup diadakan sejak tahun 2003 dan telah secara aktif diikuti oleh kelompok-kelompok pemuda yang terdiri dari individu-individu kreatif dan inovatif yang berasal dari berbagai latar belakang dan disiplin ilmu. Tahun ini, forum bergengsi ini mengangkat tema "Imagine A World Where Technology Helps Solve Toughest Problems".
"Program Imagine Cup 2011 yang menggugah kreativitas inovator-inovator muda Indonesia, sekali lagi menggaris bawahi kepedulian dan komitmen Microsoft untuk mewujudkan masyarakat yang berbasis ilmu pengetahuan, salah satunya adalah dengan mendukung segala upaya bagi pertumbuhan inovasi," tegas Sutanto Hartono, Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia dalam siaran persnya, Selasa (19/4/2011).
Sejak diperkenalkan di Tanah Air pada tahun 2006, animo dan kualitas konsep inovasi teknologi yang diperlihatkan oleh para peserta Imagine Cup dari Indonesia tidak kalah baiknya. Di kompetisi tahun 2011 ini, sebanyak 45 buah proposal konsep inovasi teknologi terdaftar sejak akhir Desember 2010. Panitia kemudian secara seksama memilih 10 besar finalis yang kemudian harus mempresentasikan karyanya di hadapan dewan juri yang terdiri dari para praktisi di bidang teknologi informasi di Microsoft. Selanjutnya, dipilihlah 4 karya yang dianggap paling berpotensi untuk memberikan kontribusi positif dalam menjawab permasalahan dunia.
Keempat semi-finalis tersebut adalah Tim Gatotkaca dengan judul project "Chilhood" dari Institut Teknologi Telkom dan Institut Teknologi Bandung, Tim Eqlips dengan judul project "Corona" dari Institut Teknologi Telkom Bandung, Tim DreamBender dengan judul project "EcoMarket" dari Institut Teknologi Telkom Bandung, dan Tim Gadjah Mada dengan judul project "Agrion" dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Keempat finalis yang lolos akan memasuki tahap penjurian tingkat akhir pada tanggal 3 Mei 2011 di Balai Kartini, Jakarta.
"Dewan Juri akan memilih 1 pemenang dengan karya inovasi terbaik di bidang software design. Kelompok-kelompok terpilih dari seluruh dunia akan bertemu di tahap final di New York, dimana lebih dari 300.000 partisipan yang mewakili 9 kategori kompetisi berkumpul," jelas Julius Fenata, Academic Developer Evangelist PT. Microsoft Indonesia yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia Imagine Cup 2011 untuk Indonesia.
Berikut daftar keempat finalis dan proyeknya yang diambil dari situs resmi Imagine Cup Indonesia:

 
Tim
Project
Solution
clip_image002[8]
IT Telkom & ITB
Gatotkaca
Childhood
“Childhood is a project that is built to educate mothers on healthy eating habits for children and monitor child's development milestone in each age.”
clip_image004[8]
IT Telkom
Eqlips
Corona
“CORONA stand for Cardiovascular Remote Monitoring and Assessment.

As we read what’s it stand for,
CORONA  is  a wellness monitoring  solution  that  provides meaningful  and  insightful  physiological  data
especially  heart  rate  to  patients,  caregivers,  physician  or  doctor  in  support  of  higher  quality, more efficient and less costly cardiovascular healthcare.”
clip_image006[8]
IT Telkom
DreamBender
EcoMarket
“EcoMarket is a cloud based receipt system. It works by transferring digital purchase receipt to the cloud in every transaction in store, and providing ways for the customer to view and manage the receipt.”
clip_image008[8]
UGM
Gadjah Mada
Agrion
“One of the significant challenge faced by the agricultural field is dealing the unpredictable climate change which affects the water scheduling for plantation.

Agrion comes as a solution to calculate water needs of each plant in every growth level. Using this system, farmers could measure how much water they should provide in accordance with rainfall and the type of land.

In addition, it will support farmers’ assistant to arrange the irrigation schedule based on customized data of each farmer.

In the long term, the assistants and local government could set policies regarding the suitable plants in each month by using the systems to find the best partners in selling and buying harvests”

Batu Kalimaya Lebak Menembus Dunia

Perajin batu fosil dan kalimaya di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mampu menembus pasar ASEAN karena permintaan cukup tinggi di wilayah negara-negara tersebut.
"Kami saat ini merasa kewalahan untuk melayani permintaan kerajinan batu permata ke negara tetangga itu," kata Ardineswati, seorang perajin di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Rabu (20/4/2011).
Ia mengatakan, selama ini permintaan pasar ASEAN cukup tinggi karena batu fosil dan kalimaya merupakan kekayaan alam yang ada di Kabupaten Lebak. Bebatuan yang bernilai ratusan juta rupiah tersebut terdapat di sejumlah Kecamatan Sajira, Maja, Cipanas, Cimarga dan Muncang.
Saat ini, kata dia, perajin batu fosil maupun kalimaya jumlahnya mencapai puluhan. "Saya sendiri sebagai perajin batu permata cukup berkembang hingga melayani transaksi melalui situs internet dengan laman ’Sandikala’," katanya.
Menurut dia, pihaknya menjual kerajinan batu kalimaya dan fosil ke beberapa negara ASEAN seperti Singapura, Malaysia, Thailand,  Thailand dan Filipina. Adapun harga satuan batu fosil maupun permata kalimaya mulai dari harga Rp 500.000 sampai Rp 100 juta. "Saya kira para konsumen mereka tertarik karena batu permata itu memiliki nilai seni tinggi," ujarnya.
Seorang perajin batu permata di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Nong mengaku saat ini batu kalimaya asal daerah itu terbaik di dunia karena memiliki aneka warna jenis dibandingkan dengan Australia, Amerika Latin dan Somalia.
Permintaan batu kalimaya, selain pasar domestik juga mancanegara cukup banyak. Dia menyebutkan, batu kalimaya asal Kabupaten Lebak memiliki keunggulan dibandingkan dari negara lain di dunia.  Selain warna tidak menghilang juga sangat mempesona karena punya aneka warna, seperti hitam, coklat, kuning ungu, biru dengan warna pelangi.
Batu kalimaya memiliki jenis warna, di antaranya Kalimaya Putih, Kristal Hijau, Kristal Pelangi, Kristal Hijau, Teh dan Kopi, Pelangi, Kristal susu dan lain-lain. "Semua jenis warna kalimaya memiliki daya tarik tersendiri juga pancaran warna pelangi dapat berubah-ubah. Itulah kelebihan permata asal Lebak," katanya.
Untuk mendapat batu permata itu, kata dia, dilakukan eksploitasi secara tradisional, yakni menggali lubang ke bawah tanah hingga puluhan meter. "Jika terdapat batu kalimaya di bawah tanah maka terlihat pancaran sinar," katanya.
Sementara itu, Kepala Bidang Industri Dinas Perindutrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak, Herisnen mengatakan, pemerintah daerah terus membina perajin batu kalimaya dan fosil karena dapat meningkatkan ekonomi masyarakat juga penyerapan tenaga kerja. "Saya kira usaha kerajinan batu permata ini di Banten hanya ada di Kabupaten Lebak," katanya.

Selasa, 19 April 2011

Rekor Baru, Harga Emas Tembus 1.500 Dollar AS

Prediksi sejumlah analis benar-benar menjadi kenyataan. Kontrak harga emas pada perdagangan Selasa (19/4/2011) waktu setempat,  menembus rekor baru di atas 1.500 dollar AS per troy ounce. Sepertinya, kecemasan akan utang AS membuat langkah dollar berat sehingga meningkatkan permintaan atas emas sebagai investasi alternatif.
Asal tahu saja, kontrak harga emas untuk pengantaran Juni naik 2,20 dollar AS atau 0,1 persen menjadi 1.495,10 dollar AS pada pukul 13.38 di Comex, New York. Sebelumnya, harga emas sempat naik 0,5 persen menjadi 1.500,05 dollar AS per troy ounce. Ini merupakan rekor baru sepanjang sejarah.
Sementara, kontrak harga emas untuk pengantaran terkini naik 1,97 dollar AS menjadi 1.497,27 dollar AS per troy ounce pada pukul 15.49 waktu New York. Sebelumnya, kontrak yang sama naik 0,3 persen ke level tertinggi sepanjang sejarah di level 1.499,32 dollar AS per troy ounce.
"Tak dapat dipungkiri, rating kredit AS akan diturunkan dalam beberapa tahun ke depan. Ini artinya, ongkos peminjaman akan naik dan nilai dollar akan melemah. Investor global memilih untuk menggunakan emas dan perak sebagai mata uang alternatif. Kondisi ini akan terus mendongkrak harga emas," papar Michael Pento, senior economist Euro Pacific Capital di New York.
Hal yang sama juga terjadi pada perak. Pasca penutupan perdagangan, kontrak harga perak naik 2,8 persen menjadi 44,175 dollar AS . Sementara, kontrak yang paling aktif diperdagangkan naik 95,7 sen atau 2,2 persen menjadi 43,913 dollar AS per troy ounce. (Barratut Taqiyyahwww.kontan.co.id/Kontan)

BI: Uang Beredar Naik 12,1 Persen

Bank Indonesia (BI) mencatat penggunaan uang kartal oleh masyarakat menunjukkan peningkatan. Hal itu tercermin di indikator pengedaran uang seperti jumlah uang beredar (UYD) dan net aliran uang kartal yang keluar dari BI ke perbankan dan masyarakat (net outflow).
Data bank sentral menunjukkan sepanjang 2010, pertumbuhan UYD rata-rata mencapai 12,1 persen. Yaitu dari Rp 244,4 triliun menjadi Rp 274,0 triliun atau meningkat dari pertumbuhan UYD rata-rata tahun 2009 yang sebesar 10,7 persen.
"Meskipun pertumbuhannya meningkat dibanding tahun 2009, laju pertumbuhan rata-rata UYD pada tahun 2010 tersebut masih dibawah angka historis sebelum krisis (2005-2008) yang berkisar antara 13,5 persen sampai 26,3 persen," kata Difi Ahmad Johansyah, Pelaksana Tugas Direktur Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat, Selasa (19/4/2011).
Selain itu, strategi kebijakan pengedaran uang pada tahun 2010 diarahkan untuk meningkatkan keandalan pengedaran uang dan penyempurnaan kualitas uang. Hal itu meliputi pertama, pemenuhan uang. Kedua, optimalisasi layanan kas, ketiga, pengelolaan uang dan pendistribusiannya, keempat peningkatan pengamanan elemen dan unsur pengaman uang. Kelima, kelayakan uang yang beredar di berbagai wilayah termasuk di daerah terpencil dan terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Difi bilang, ke depan, kebutuhan uang kartal diperkirakan masih akan meningkat sejalan dengan proyeksi pertumbuhan perekonomian sebesar 6,0 persen-6,5 persen pada tahun 2011.
"Proyeksi jumlah uang kartal yang keluar dari BI ke perbankan dan masyarakat (outflow) pada tahun 2011 diperkirakan meningkat 9 persen dibandingkan tahun 2010, dengan perkiraan tambahan uang kartal yang beredar sekitar 15 persen," tambahnya. (Nina Dwiantika/Kontan)
 

Dijual Terios TX Elegant 2007 Warna Silver Kondisi Istimewa Samarinda

Dijual Terios TX Elegant 2007 Warna Silver AC Dowble Blower, Variasi Fas Lengkap Kondisi Istimewa Harga Nego Cash & Kredit Posisi Mobil Samarinda Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Terios TX Elegant 2007 Warna Silver Posisi Mobil Samarinda

Dijual Terios TX Elegant 2007 Warna Silver AC Dowble Blower, Variasi Fas Lengkap Kondisi Istimewa Harga Nego Cash & Kredit Posisi Mobil Samarinda Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Terios TX Elegant 2007 Warna Hitam Samarinda

Dijual Terios TX  Elegant 2007 Warna Hitam AC Dowble Blower, Variasi Fas Lengkap Kondisi Istimewa Harga Nego Cash & Kredit Posisi Mobil Samarinda Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Terios TX Elegant 2007 Warna Silver Samarinda

Dijual Terios TX Elegant 2007 Warna Silver AC Dowble Blower, Variasi Fas Lengkap Kondisi Istimewa Harga Nego Cash & Kredit Posisi Mobil Samarinda Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Taruna FX Tahun 2002 Warna Biru Sangat Mulus Samarinda

Dijual Taruna FX Tahun 2002 Warna Biru Sangat Mulus Fas AC, PW, CL, Cat Orisinil Harga 90Jt/Nego Posisi Mobil Samarinda Cash & Kredit Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Taruna FX Tahun 2002 Warna Silver Metalik Posisi Mobil Samarinda

Dijual Taruna FX Tahun 2002 Warna Silver Metalik Fas AC, PW, CL, Cat Orisinil Harga 90Jt/Nego Posisi Mobil Samarinda Cash & Kredit Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual KIA Cerent II Tahun 2004 Warna Hitam Fas Lengkap Posisi Mobil Samarinda

Dijual KIA Cerent II Tahun 2004 Warna Hitam Fas Lengkap Tape, AC, PW, Barang Terawat Siap Pakai Harga 95Jt/Nego Cash & Kredit Posisi Mobil Samarinda Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual KIA Cerent II Tahun 2004 Warna Hitam Samarinda

Dijual KIA Cerent II Tahun 2004 Warna Hitam Fas Lengkap Tape, AC, PW, Barang Terawat Siap Pakai Harga 95Jt/Nego Cash & Kredit Posisi Mobil Samarinda Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Suzuki APV Arena Type GX Bulan 12 Warna Silver Stone Posisi Mobil Samarinda

Dijual Suzuki APV Arena Type GX Bulan 12 Warna Silver Stone Harga Nego Cash Kredit Posisi Mobil Samarinda Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Suzuki APV Arena Type GX Bulan 11 Tahun 2009 Samarinda

Dijual Suzuki APV Arena Type GX Bulan 11 Tahun 2009 Harga Nego Cash Kredit Posisi Mobil Samarinda Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Suzuki APV Arena Type GX Bulan 12 Warna Silver 2008

Dijual Suzuki APV Arena Type GX Bulan 12 Warna Silver Harga Nego Cash Kredit Posisi Mobil Samarinda Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Innova G Tahun 2008 Warna Silver Sangat Mulus Bukan Bekas Taxi Posisi Mobil Samarinda

Dijual Innova G Tahun 2008 Warna Silver Sangat Mulus Bukan Bekas Taxi Posisi Mobil Samarinda Harga Nego Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Innova G Tahun 2008 Warna Putih Bukan Bekas Taxi Posisi Mobil Samarinda

Dijual Innova G Tahun 2008 Warna Putih Bukan Bekas Taxi Posisi Mobil Samarinda Harga Nego Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Innova G Tahun 2008 Warna Silver Bukan Bekas Taxi Posisi Mobil Samarinda

Dijual Innova G Tahun 2008 Warna Silver Bukan Bekas Taxi Posisi Mobil Samarinda Harga Nego Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Innova G Tahun 2008 Warna Hitam Metalik Bukan Bekas Taxi Posisi Mobil Samarinda

Dijual Innova G Tahun 2008 Warna Hitam Metalik Bukan Bekas Taxi Posisi Mobil Samarinda Harga Nego Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Innova G Tahun 2008 Warna Silver Stone Samarinda

Dijual Innova G Tahun 2008 Warna Silver Stone Bukan Bekas Taxi Posisi Mobil Samarinda Harga Nego Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Escudo 96 Warna Biru Posisi Samarinda

Dijual Escudo 96 Warna Biru Posisi Samarinda Harga Nego Harga Nego Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Escudo 96 Warna Putih Posisi Samarinda

Dijual Escudo 96 Warna Putih Posisi Samarinda Harga Nego Harga Nego Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Escudo. Tipe: Jlx. Kilometer: 109000. Tahun: 1996. Posisi Samarinda

Dijual Escudo. Tipe: Jlx. Kilometer: 109000. Tahun: 1996. Posisi Samarinda Harga Nego Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Escudo 96 Ful Modif Posisi Samarinda

Dijual Escudo 96 Ful Modif  Posisi Samarinda Harga Nego Harga Nego Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Swasta Siap Investasi Rp 1.350 Triliun

Ketua Kamar Dagang Indonesia Suryo B Sulisto pada rapat kerja yang membahas Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025 (MP3EI 2011-2025), mengatakan, pihak swasta siap berpartisipasi dalam proyek MP3EI sebesar Rp 1.350 triliun atau setara 150 miliar dollar AS. Sekitar 30 persen dari angka tersebut akan dialokasikan di sektor pertanian dan pertambangan.
"Angka ini bisa saja menjadi lebih besar apabila kendala-kendala birokrasi, regulasi, dan bottleneck dapat diatasi sehingga semua rencana investasi dapat diimplementasikan tanpa hambatan," kata Suryo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/4/2011).
Turut hadir pada rapat kerja tersebut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono, anggota Kabinet Indonesia Bersatu II, Komite Inovasi Nasional, Komite Ekonomi Nasional, pimpinan BUMN, serta pengusaha yang tergabung dalam Apindo, Gapensi, Gaikindo, REI, Asosiasi Batu Bara, Hipmi, Hippi, Asosiasi Perkebunan, dan lain-lain.
Pada kesempatan tersebut, Suryo sempat menekankan pentingnya proyek pembangunan infrastruktur. Proyek infrastruktur ini memerlukan dukungan pendanaan pinjaman jangka panjang dengan bunga yang relatif rendah.
Kamar Dagang Indonesia (Kadin), kata Suryo, berharap pemerintah dapat merealisasikan kebijakan untuk mendukung pendanaan tersebut. "Kami berharap adanya percepatan pendirian Bank Pembangunan Indonesia. Kadin dewasa ini sedang mempersiapkan konsep pendirian bank tersebut yang akan kami sampaikan dalam waktu dekat kepada pemerintah," kata Suryo.
Selain itu, Kadin berharap pemerintah dapat mendorong dan mengarahkan agar "institutional investors" dalam negeri, seperti lembaga-lembaga asuransi, pengelola dana pensiun dan jaminan sosial, untuk memulai penempatan dana-dananya, baik pada deposito maupun instrumen-instrumen investasi yang bersifat jangka menengah (5 tahun) dan jangka panjang (10 tahun).
Hal ini menurutnya akan lebih menjamin ketersediaan dana-dana untuk membiayai proyek-proyek yang bersifat jangka menengah/panjang, seperti proyek-proyek infrastruktur. "Selain itu, perlu dipertimbangkan pula alternatif pembiayaan lain, seperti development bond yang khusus ditujukan untuk pembangunan infrastruktur. Dunia usaha memerlukan paradigma baru dalam kebijakan perpajakan yang tidak semata-mata bertujuan meningkatkan penerimaan negara, tetapi juga memiliki misi development, khususnya dalam pembangunan infrastruktur," katanya.

Dijual Rumah Tipe 36 Perumahan Bukit Pinang Bahari Sungai kledang Samarinda Seberang

Dijual Rumah Tipe 36 Perumahan Bukit Pinang Bahari Sungai kledang Samarinda Seberang Sertifikat, PLN, PDAM Harga Nego Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Ruah Jl.Grilya Samarinda Surat Pelepasan Hak

Dijual Ruah Jl.Grilya Samarinda Surat Pelepasan Hak PLN, PDAM 2Lantai Harga Nego Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Rumah Jl. P.hidayatullah Dekat Dengan SCP, Samarinda

Dijual Rumah Jl. P.hidayatullah Dekat Dengan SCP Samarinda, Fas; PLN, PDAM, SERTIFIKAT, Harga Nego Buruan Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754










Antisipasi Makin Maraknya Ancaman Dunia Maya

Makin hari, ancaman di dunia maya bukannya makin bekurang, tapi malah terus meningkat. Jenis ancamannya pun makin beragam dengan pola serangan yang tak hanya memanfaatkan kelemahan teknis semata, namun juga memanfaatkan rekayasa sosial untuk menjebak korban.
Apalagi di era berkembangnya komunikasi virtual dan jejaring sosial maya saat ini, virus pun menyebar cepat menyalahgunakan jejaring pertemanan. Symantec, salah satu perusahaan piranti lunak terbesar di dunia, mengamati adanya peningkatan serangan malware di situs-situs jejaring sosial terkemuka dan program instant messaging.
Hasil studi yang dilakukan Symantec di Indonesia, sepanjang tahun 2010, 86 persen orang dewasa di Indonesia pernah menjadi korban serangan dunia maya. Angka tersebut di atas rata-rata dunia yang hanya 65 persen. Serangan paling banyak virus sebesar 68 persen, disusul scam online 33 persen kemudian phising 22 persen. Untuk menyelesaikan satu kasus kejahatan di dunia maya ini diperlukan biaya rata-rata Rp 11.588.945 dan waktu 36 hari.
Bisa dibayangkan berapa potensi kerugian yang diderita jika serangan dibiarkan mengganggu. Untuk mengatasi ancaman tersebut, kesadaran dan kewaspadaan pengguna komputer dan internet merupakan kunci utama.
Menurut Symantec, kita pertama adalah waspada akan apa yang akan diklik. Berhati-hatilah saat mengakses link dari pengirim yang tak dikenal atau pesan yang muncul di situs. Gunakan jasa penilaian situs gratis seperti Norton Safe Web (www.safeweb.norton.com/) untuk memastikan situs tersebut aman atau tidak. Setidaknya bisa menjadi filter pertama.
Kedua, jangan pedulikan spam. Segera hapus email yang mencurigakan tanpa perlu membacanya. Segala bentuk tanggapan dari spam mail, seperti mengeklik link "unsubscribe", akan mengonfirnasikan spammer bahwa akun email Anda memang aktif, sehingga mengakibatkan lebih banyak spam mail yang masuk.
Ketiga, perhatikan tanda-tanda pencurian identitas Tanda-tanda yang jelas bahwa pencurian identitas sedang terjadi: Dihubungi oleh vendor mengenai akun yang tidak Anda ketahui, penagihan hutang untuk pembelian yang dilakukan orang lain.
Keempat, perkuat dan lindungi password Anda. Beberapa tips pengamanan password adalah pastikan password Anda benar-benar acak. Jangan gunakan nama, angka atau informasi pribadi yang terasosiasikan dengan Anda atau keluarga. Gunakan kombinasi huruf besar dan huruf kecil, huruf, simbol dan angka. Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun. Jangan gunakan pilihan untuk menyimpan password. Ubah password Anda secara rutin, misalnya di awal bulan, pada tanggal gajian.
Tips terakhir, implementasikan proteksi dan backup Gunakan paket perlindungan all-in-one paling cepat dan ringan. Di samping kewaspadaan diri, tidak ada salahnya melindungi komputer secara otomatis dengan aplikasi yang akan melakukan perlindungan di saat Anda lengah.
Norton 360 Versi 5.0 yang merupakan versi terbaru solusi dari Syamntec telah menghadirkan perlindungan komprehensif dari segala bentuk bahaya yang mengancam identitas, komputer dan dokumen penting Anda.
Salah satu teknologi terbaru yang diudung Norton 360 Versi 5.0 adalah Norton Insights, yang langsung mengindentifikasi asal dokumen dan waktu peredaran dokumen tersebut. Kegiatan malware dapat dihentikan lebih cepat. Selain itu, software ini juga memungkinkan konsumen untuk menyimpan dan memproteksi aset-aset digital mereka dengan pilihan backup otomatis yang mudah digunakan.
Norton 360 bekerja lebih optimal untuk menghadirkan perlindungan komprehensif dan mudah digunakan dari segala bentuk bahaya yang mengancam identitas, komputer dan dokumen penting Anda. Merupakan sebuah solusi perlindungan all-in-one. PC Tuneup Norton 360 meningkatkan performa komputer dan memastikan kinerja komputer tetap maksimal meski softwar etengah bekerja penuh. Fasilitas backup otomatis dapat dilakukan secara online maupun lokal sehingga membantu pengguna terhindar dari kehilangan dokumen penting atau foto. Serta yang terbaru, Norton Safe Web dapat memindai Facebook dan segera memberikan peringatan mengenai situs berbahaya sehingga pengguna pun bisa berbagi link tanpa harus berbagi atau menerima ancaman.

Waspadai Risiko Keamanan di Layanan Web Populer

Menurut para periset keamanan di WatchGuard, ancaman terhadap jaringan korporat yang paling cepat perkembangannya saat ini adalah aplikasi media sosial berbasis web. Aplikasi jenis ini bisa melumpuhkan keamanan jaringan, membuka data-data sensitif dan dapat mengurasi produktivitas karyawan.
Ada sejumlah alasan mengapa aplikasi media sosial bisa mendatangkan risiko bagi bisnis, sebesar apapun ukurannya. Berikut beberapa di antaranya:
• Kehilangan Produktivitas: Sejumlah lembaga riset telah melaporkan bahwa Amerika Serikat kehilangan milliaran dollar per tahun akibat penurunan produktivitas. Karyawan kehilangan produktivitas karena waktunya tersedot ke situs-situs media sosial. Walaupun situs-situs media sosial juga bermanfaat untuk kolaborasi dan komunikasi, administrator TI tidak memiliki kemampuan untuk mengelola dan mengendalikan aplikasi Web untuk produktivitas bisnis atau aplikasi Web yang berupa games.
• Kehilangan Data: Walaupun sejumlah negara sudah memiliki aturan tentang kerahasiaan data, kalangan bisnis masih mengkhawatirkan terjadinya kebocoran data, baik disengaja maupun tidak. Sayangnya kekuatan media sosial sebagai media komunikasi di sisi lain menciptakan risiko potensial kebocoran informasi dan data-data rahasia. Administrator harus memiliki kendali atas aplikasi untuk mengurangi risiko kehilangan data, secara sengaja atau tidak.
• Peranti lunak berbahaya (malware) dan sumber serangan: WatchGuard memprediksikan jaringan sosial akan menjadi sumber serangan malware dalam beberapa ke depan karena tiga alasan:
(1) Situs jejaring sosial berkembang atas dasar kepercayaan. Tujuan orang menggunakan media sosial adalah untuk saling berinteraksi dengan orang-orang yang dianggap 'teman.' Artinya, ada kepercayaan dalam interaksi tersebut. Padahal, media sosial tidak memiliki kemampuan teknis untuk melakukan validasi apakah mereka yang dianggap teman itu adalah orang yang sebenarnya. Lingkungan yang berdasarkan kepercayaan pada media sosial ini adalah ladang yang subur untuk penipuan dengan metode social engineering (rekayasa sosial).
(2) Situs jejaring sosial memiliki banyak kelemahan teknis. Teknologi Web 2.0 memang menjanjikan sejumlah keunggulan, namun di dalamnya juga tersimpan berbagai kelemahan. Kompleksitas dari pengembangan aplikasi Web 2.0 bisa menciptakan kesalahan pada kode pemrograman sehingga aplikasi itu rawan terhadap ancaman aplikasi Web seperti SQL Injection dan serangan cross-site scripting (XSS). Apalagi, konsep Web 2.0 yang mengijinkan pengguna yang tidak diketahui kredibilitasnya memasukkan konten ke Website bertentangan dengan paradigma sekuriti tradisional. Secara sederhana, situs web media sosial lebih rawan terhadap eksploitasi kelemahan Web dibandingkan situs Web yang tidak interaktif.
(3) Popularitas jejaring sosial. Menurut lembaga analis Compete, Facebook adalah tujuan berselancar di Internet yang paling populer setelah Google, diikuti Twitter dan YouTube. Para penyerang tertarik dengan popularitas situs-situs seperti itu karena mereka bisa mendapatkan 'tingkat pengembalian modal' atas serangan yang mereka lakukan.
Berbagai alasan di atas, riset Watchguard telah menyusun daftar media sosial yang beresiko tinggi terhadap keamanan jaringan perusahaan:
1. Facebook. Facebook menjadi situs jejaring sosial yang paling berbahaya saat ini, karena begitu populernya di kalangan pengguna, termasuk bisnis. Dengan lebih dari 500 juta pengguna, Facebook menjadi lahan subur bagi peretas (hacker). Ditambah lagi sejumlah kekhawatiran teknis, seperti open App API (Application Programming Interface).
2. Twitter. Banyak orang tidak mengira ancaman tak bisa datang hanya dari 140 karakter, itu adalah asumsi yang salah. Dalam beberapa kasus, posting Twitter yang pendek justru menciptakan kelemahan dari penyingkat URL. Fasilitas penyingkat URL ini memang bisa menghemat karakter, namun bisa disalahgunakan peretas untuk membuat tautan-tautan berbahaya. Selain itu, Twitter terancam serangan dari kelemahan terkait Web 2.0 dan API, termasuk juga worm.
3. YouTube. Sebagai salah satu situs video terpopuler di Internet, para peretas juga mengincar YouTube. Para peretas sering membuat laman Web berbahaya yang menyamar sebagai laman video YouTube. Selain itu, para penyerang sering membanjiri bagian komentar dari YouTube dengan spam dan tautan-tautan berbahaya.
4. LinkedIn. LinkedIn membawa beban lebih berat karena situs ini umumnya berorientasi bisnis. Hal ini juga menarik minat peretas karena sifatnya yang sangat terpercaya. Karena pengguna LinkedIn banyak menggunakan situs ini untuk menjalin relasi bisnis, mereka umumnya menampilkan informasi yang bisa jadi sensitif dan rahasia, tanpa mereka sadari.
5. 4chan. Adalah website berbagi-pakai gambar yang sangat populer. 4chan sudah banyak terlibat dalam berbagai serangan Internet terkait "anonymous," yang merupakan satu-satunya username yang didapatkan penggunanya. Para peretas membanjiri forum 4chan dengan spam.
6. Chatroulette. Adalah website yang memungkinkan pengguna kamera Web melakukan chat dengan orang lain secara acak. Sifat website yang anonim ini menjadi target empuk bagi para pemangsa Internet.

Laba Google Tak Sekinclong Perkiraan

Kinerja Google Inc tak sekinclong prediksi. Dalam situsnya dilaporkan bahwa laba bersih kuartal pertama Google naik 18 persen menjadi 2,3 miliar dollar AS atau 7,04 dollar AS per saham dari 1,96 miliar dollar AS atau 6,06 dollar AS per saham pada tahun sebelumnya. Laba di luar beberapa item adalah 8,08 dollar AS per saham. Angka tersebut di bawah estimasi analis yang mematok laba sebesar 8,12 dollar AS per saham.
Laba perusahaan mesin pencari ini berada di bawah prediksi analis setelah mengeluarkan beban operasional besar untuk merekrut karyawan dan pemasaran menyusul tingkat persaingan dengan Facebook Inc dan Apple Inc semakin sengit.
Seperti yang diketahui, Larry Page yang menjabat sebagai Chief Executive Officer pada minggu lalu banyak menyewa tempat untuk beriklan serta berupaya meningkatkan pasar mobile. Sebelumnya, pada Januari, Google mengumumkan rencananya untuk menambah sekitar 6.000 karyawan. Pada saat yang bersamaan, Page juga harus membela Google atas tudingan monopoli dalam industri mesin pencari di AS dan Eropa.
"Langkah Lary Page menunjukkan bahwa dia berencana mengembalikan Google ke mode investasi dan dia mengejar kesempatan besar," jelas Colin Gillis, analis BGC Partners LP di New York, menanggapi laporan keuangan Google yang dirilis pada Kamis (14/4/2011) lalu.
Catatan saja, menjelang penutupan pasar kemarin, saham Google sempat turun 30,21 dollar AS ke level 548,30 dollar AS. Namun, akhirnya saham Google ditutup melonjak 2,23 dollar AS menjadi 578,51 dollar AS pada pukul 16.00 waktu New York. Sepanjang tahun ini, saham Google sudah melorot 2,6 persen. (Kontan/Barratut Taqiyyah)

BlackBerry World Conference Akan Digelar 3-5 Mei 2011

Produsen handset dan penyedia layanan BlackBerry, Research In Motion (RIM) akan menggelar konferensi akbar tahunannya pada 3-5 Mei 2011 di Orlando, Florida, AS. Konferensi yang sebelumnya diberi nama Wireless Enterprise Symposium (WES) mulai tahun ini berubah nama menjadi BlackBerry World Conference.
Pada ajang tahun ini, kehadiran BlackBerry PlayBook bakal menjadi objek menarik dibahas. Pasalnya, untuk pertama kalinya tablet pertama buatan RIM tersebut akan dipamerkan versi finalnya.
Pada ajang ini, para pakar, pemerhati, para pengembang/developers, pelaku di bidang TI akan saling berinteraksi dalam serangkaian sesi dan seminar (lebih dari 100 sesi yang digelar) sekaligus bertukar informasi terkini mengenai BlackBerry. Tidak hanya itu, para pemimpin bisnis,mitra dan penyedia layanan solusi software dan vendor juga akan ambil bagian dalam serangkaian program menarik selama tiga hari penyelenggaraan.
Lebih dari 150 sponsor juga direncanakan akan meramaikan lokasi pameran untuk mendemosntrasikan langsung solusi produk dan layanannya. Peserta juga bisa saling bertukar pikiran langsung dan menjalin jaringan dengan sesama pengembang dari berbagai belahan dunia.
WES akan tetap dipertahankan namun menjadi salah satu acara di BlackBerry World Conference. Pada bagian ini akan hadir sejumlah analis industri dan pakar yang akan membahas bagaimana solusi BlackBerry bisa memenuhi kebutuhan bisnis, IT, dan pengembangan sumber daya. Antara lain topik mengenai solusi BlackBerry bagi organisasi dan industri, strategi bisnis mobile, mobilisasi enterprise untuk mendaptkan dampak binsi yang besar, produk dan pengembangan BlackBerry, serta Mobile Solution Leaders.
Sehari sebelum Blackberry World Conference akan digelar pula BlackBerry Alliance Summit. Kegiatan ini eksklusif dikhusukan untuk pada BlackBerry Alliance Members seperti ISV (independent software vendor), penyedia konten, pengembang, sistem integrator, dan mitra RIM lainnya.

Lagi, Petani Dikorbankan

Di tengah "tangisan" petani akibat meluasnya serangan hama penyakit dan gagal panen, PT Pupuk Sriwidjaja (Persero) berencana menstandardisasi pupuk majemuk atau nitrogen, fosfat, dan kalium (NPK).
Gebrakan baru induk perusahaan pupuk badan usaha milik negara (BUMN)—yang baru efektif sebagai holding pada Januari 2011—membuat petani dan kalangan pengusaha pupuk NPK blending (aduk) terenyak. Pasalnya, standardisasi pupuk majemuk bakal menghapus keberadaan pupuk NPK aduk dan menggantinya dengan NPK granula produksi PT Petrokimia Gresik bermerek Phonska.
Pupuk NPK lahir tahun sekitar tahun 2000. Pupuk NPK diciptakan sebagai solusi dalam menekan penggunaan pupuk tunggal urea. Bukan rahasia lagi bahwa penggunaan urea oleh petani berlebihan. Untuk menekannya, PT Petrokimia Gresik mengeluarkan jenis pupuk baru bernama Phonska.
Agar penurunan penggunaan urea lebih nyata, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian tahun 2006 mengeluarkan rekomendasi pemupukan urea.
Seiring dengan itu, pada masa Deputi Agroindustri, Kehutanan, Kertas, Percetakan, dan Penerbitan Kementerian BUMN dijabat Agus Pakpahan, muncul kebijakan lain meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan pupuk urea.
Pilihannya meningkatkan penggunaan pupuk NPK (majemuk) yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal dan dibuat dengan teknologi aduk. NPK aduk diproduksi PT Pupuk Kujang dan PT Pupuk Kaltim. Sebagian dikerjasamakan dengan pengusaha lokal.
Mengapa BUMN memilih NPK aduk? Pertama, karena pupuk NPK aduk teknologinya sederhana. Tiga jenis pupuk tunggal, yakni urea, fosfat, dan kalium, diaduk menjadi satu menggunakan mesin pengaduk sederhana. Komposisinya disesuaikan kebutuhan lokal.
Kedua, tidak perlu investasi besar karena teknologinya sederhana sehingga dapat mendorong tumbuhnya industri pupuk skala kecil di sentra-sentra produksi pangan. Sekadar gambaran, investasi satu pabrik pupuk NPK granula setara membangun pabrik NPK aduk di seluruh Indonesia.
Ketiga, karena teknologinya sederhana, mesin aduk bisa dibuat di dalam negeri. Ini dapat mendorong tumbuhnya industri pendukung. Hal itu berbeda dengan NPK granula yang mesinnya harus diimpor.
Yang juga tak kalah penting, menyebarnya industri pupuk NPK aduk di sentra-sentra produksi pangan memudahkan distribusi pupuk. Kawasan padi 100.000 hektar perlu satu pabrik pupuk NPK aduk. Kelangkaan pupuk akibat masalah distribusi bisa dihindari.
Silang pendapat boleh saja terjadi, tetapi di atas segalanya adalah kepentingan petani mengingat mereka konsumen. Sebagai konsumen, petani berhak memilih produk terbaik yang akan digunakan. Dengan standardisasi, hak petani untuk memilih sudah dirampas industri pupuk.
Apalagi kalau produk tersebut akan berdampak langsung pada penghasilan petani. Untuk menanam komoditas tanaman pangan, seperti padi, jagung, dan kedelai, petani mengeluarkan biaya sendiri, bukan dari industri pupuk.
Apakah kalau produksi gagal, industri pupuk yang bakal mengganti biaya produksi. Apakah kalau produktivitas turun, industri pupuk bakal menutupi defisit pendapatan petani?
Dalam situasi iklim tak bersahabat, pemerintah seharusnya bisa meringankan beban petani. (HERMAS E PRABOWO)


Dijual Pick Up Suzuki Futura Tahun 2006 Mulus Samarinda

Dijual Pick Up Suzuki Futura Tahun 2006 Barang Mulus Siap Pakai Harga 72,5Jt/Nego Posisi Mobil Samarinda Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Dijual Pick Up Suzuki Futura Tahun 2006 Samarinda

Dijual Pick Up Suzuki Futura Tahun 2006 Barang Mulus Siap Pakai Harga 72,5Jt/Nego Posisi Mobil Samarinda Hub; Telpon(0541)7751197 Sms/085246902754

Senin, 18 April 2011

Siapa Orang Kaya yang Sebenarnya?

Siapa orang kaya yang sebenarnya? Mereka bukanlah orang yang gemar membelanjakan uangnya untuk barang-barang yang mahal. Bahkan banyak dari mereka yang berpenghasilan tinggi ternyata hidup sederhana. Contohnya Warren Buffett, investor dan pengusaha Amerika, yang menetap di rumahnya yang sederhana di Omaha, Nebraska. Uang yang mereka hasilkan diinvestasikan, sehingga kekayaan mereka semakin bertambah.

"Kekayaan adalah apa yang Anda akumulasikan, bukan yang Anda belanjakan," kata Thomas Stanley dan William Danko, penulis buku The Millionaire Next Door, yang pertama diterbitkan pada 1996.
Kekayaan orang-orang seperti ini biasanya dihasilkan dari upaya mereka sendiri. Dalam bukunya, mereka menuliskan, seringkali bukan keberuntungan, warisan, gelar yang tinggi, atau kecerdasan, yang membuat mereka kaya raya. "Kekayaan itu lebih sering karena gaya hidup kerja keras, ketekunan, perencanaan, dan lebih dari itu, kedisiplinan diri," tulis mereka.

Banyak cara untuk mendefinisikan kekayaan, namun umumnya orang menganggap kekayaan sebagai nilai segala sesuatu yang dimiliki, tanpa utang. Namun ada perbedaan antara aset yang dapat dipasarkan (hal-hal yang bisa dilikuidasi dengan cepat, seperti saham, obligasi, atau properti), dan barang-barang pribadi seperti mobil, pakaian, dan alat-alat rumah tangga yang Anda gunakan secara rutin dan tidak akan dijual.

Menurut Stanley dan Danko, gaji saja tidak bisa membuat seseorang menjadi kaya. Gaji yang tinggi tentu membantu membangun kekayaan, namun orang yang mandiri secara finansial memandang gaji mereka sebagai alat untuk mencapai tujuan, yaitu meningkatkan uang.

"Orang kaya tidak menghabiskan uang mereka untuk pembelian yang bebas," kata Pam Danziger, pendiri Unity Marketing, firma penelitian pasar yang berspesialisasi dalam barang-barang mewah. "Mereka jadi kaya dengan memaksimalkan nilai investasi mereka."

Tentu, mereka juga masih menggunakan uangnya untuk membeli pakaian atau sepatu bermerek, tetapi hal itu dilakukan dengan penuh pertimbangan. Membeli pun lebih dilakukan karena nilai dan kualitasnya. "Mereka sangat menganggap berbelanja sebagai investasi, bukan pengeluran," tambahnya.

Perbedaan terbesar antara orang yang memiliki uang dan orang yang ingin punya uang adalah, bagaimana mereka membayar barang yang dibeli. Milyuner cenderung membeli secara tunai, tak peduli meski itu mobil, rumah, atau kapal pesiar. Hal ini mungkin sulit dilakukan oleh orang-orang yang masih menerima gaji rata-rata, tapi intinya sama: jangan berutang untuk membiayai gaya hidup Anda.

Mereka juga membuat perencanaan yang rapi, dan menghabiskan banyak waktu untuk itu. Banyak dari mereka yang menabung atau berinvestasi secara kompulsif, dan menganggap perjalanan menuju kekayaan itu jauh lebih menyenangkan daripada ketika mencapai tujuan tersebut.
Mereka sabar, dan bersedia berinvestasi untuk jangka panjang. Hal ini dilakukan karena mereka berusaha mandiri secara finansial. Ketika pensiun nanti, banyak dari mereka yang tahu persis berapa yang mereka butuhkan untuk melanjutkan hidup, untuk menyumbang, dan meninggalkan warisan.

Leslie Lassiter, direktur pelaksana JPMorgan Private Wealth Management, juga mengatakan, orang-orang kaya sangat mengerti berapa banyak likuidasi yang mereka butuhkan untuk menutup pengeluaran, dan memastikan mereka masih punya banyak uang tunai. "Seharusnya, itu juga dilakukan oleh rata-rata orang," katanya.


Sumber: Financially Fit

Minggu, 17 April 2011

Reorganisasi Besar-besaran di Google

Setelah resmi menjabat CEO Google pada 4 April 2011, sesuai dengan filosofi startup yang dianutnya, Larry Page secara cepat melakukan reorganisasi di Google. Tidak tanggung-tanggung, barangkali inilah reorganisasi besar-besaran yang pernah dilakukan Google.
Filosofi Google pun mulai diubah oleh Page dengan menekankan pada pembagian tugas dan wewenang atau desentralisasi. Hal ini mengubah filosofi terpusat yang sebelumnya dijalankan oleh CEO lama, Eric Schmidt.
Sumber-sumber mengatakan, Page ingin menjalankan Google layaknya Steve Jobs menjalankan Apple. Kepemimpinan yang kolegial dan terdesentralisasi di mana setiap bawahannya diberikan kebebasan untuk mengambil keputusan-keputusan penting. Sementara Page lebih terlibat untuk hal yang sangat penting saja.
Model kepemimpinan ini sebenarnya telah berhasil dilakukan Google di Android di mana Andy Rubin menjadi CEO dan di Youtube di mana Salar Kamangar menjadi CEO yang baru. Keberhasilan dua bagian ini menginspirasi Page untuk terus menularkannya ke bagian lain di Google. Page ingin semua bagian makin independen, mengambil keputusan bagi mereka tanpa dipengaruhi oleh pendapatnya sebagai CEO sehingga bagian tersebut lebih cepat tumbuh dan berkembang.
Berikut ini merupakan jabatan baru yang berada di bawah Page setelah reorganisasi dilakukan.
  1. Local and Commerce ditempati oleh Jeff Huber
  2. Search ditempati oleh Alan Eustace
  3. Advertising ditempati oleh Susan Wojcicki
  4. Android ditempati oleh Andy Rubin
  5. Youtube ditempati oleh Salar Kamangar
  6. Social ditempati oleh Vic Gundotra
  7. Chrome ditempati oleh Sundar Pinchai
Namun, dalam reorganisasi selalu ada pihak yang kurang beruntung. Salah satu eksekutif yang terlempar dari proses ini adalah Marissa Mayer. Mayer dulunya merupakan orang dalam bisnis inti Google, yaitu mesin pencarian. Ia kemudian dipindahkan ke bagian Local and Commerce dan menjadi kepalanya. Kini bagian ini dipimpin oleh Jeff Huber sehingga Mayer harus melaporkan pekerjaannya kepada Huber bukan lagi kepada Page. Hal ini menguatkan dugaan bahwa Mayer merupakan salah satu yang jadi pecundang dalam reorganisasi Google kali ini.
Daftar pecundang tentu juga bisa diberikan kepada Jonathan Rosenberg karena perannya sebagai pihak yang melakukan intermediasi antara manajer dan CEO Google telah dihapus oleh  Page karena Page ingin langsung berhubungan dengan manajer tanpa ada pihak yang mengintermediasi. Hal itulah yang sebelumnya dinilai sejumlah pihak telah diantisipasi Jonathan memilih mengundurkan diri sebelum Page melakukan reorganisasi.
Orang ketiga yang menjadi pecundang adalah David Drummond yang dulunya berada di bidang Chief Legal Officer. Sekarang Google memiliki General Counsel yang dikepalai oleh Kent Walker sehingga posisi Drummond menjadi mubazir.
Masih banyak eksekutif yang menjadi pecundang dalam reorganisasi Google kali ini, termasuk seorang perempuan bernama Shona Brown yang selama ini merancang struktur organisasi di Google. Menurut Page, struktur organisasi yang dirancang oleh Brown membuat Google lambat bereaksi terhadap kemajuan dan ancaman dari Facebook.
Selain para pecundang tentu ada juga yang menjadi pemenang. Dua di antara banyak pemenang ini yang paling menonjol adalah Rubin dan Kamangar. Rubin terkenal dengan kesuksesannya menghancurkan kejayaan sistem operasi smartphone Symbian dari Nokia sehingga memaksa Nokia beralih kepada Microsoft. Perkembangan Android melebihi perkiraan banyak analis sehingga Rubin sangat pantas untuk terus memimpin Android. Diperkirakan pada tahun 2013 akan ada paling kurang 130 juta smartphone berbasis Android. Android dibeli oleh Google pada 2005 dan dibiarkan tumbuh sendiri, independen, dan eksekutif Google tidak turut campur dalam kegiatan sehari-hari di sana. Model kepemimpinan Rubin yang independen dan tidak bergantung kepada CEO Google ini menjadi inspirasi Page dalam melakukan reorganisasi kali ini.
Berikutnya adalah Kamangar. Pria keturunan Iran berusia 34 tahun ini telah mengubah Youtube dan merupakan contoh lain dari keberhasilan Google membiarkan divisi yang ada di dalam tubuhnya untuk berkembang sendiri serta independen. Kamangar baru bergabung dengan Youtube tahun 2008 dan dalam tiga tahun berhasil menjadi CEO di Youtube. Saat ini, Youtube dikunjungi oleh lebih dari 500 juta orang sebulan dan telah melahirkan banyak orang terkenal, termasuk Justin Bieber dan Norman Kamaru dari Indonesia.
Eksekutif lain yang termasuk kepada pemenang adalah Sundar Pichai. Orang pintar ini merupakan kepala dari browser Google, yaitu Google Chrome. Google Chrome sebagaimana banyak diberitakan merupakan browser paling aman saat ini karena tidak bisa di-hack oleh para hacker. Chrome juga mengalami pertumbuhan pasar yang sangat pesat, hampir 120 juta orang saat ini menggunakan Chrome dalam waktu dua tahun saja. Baru-baru ini, Pichai ditawari sebagai produk manajer oleh CEO Twitter, Jack Dorsey, tetapi Page cepat-cepat memagarinya dengan memberikan uang sebesar 50 juta dollar AS.
Daftar mereka yang beruntung bertambah dengan masuknya nama Vic Gundotra. Gundotra diserahi tugas sebagai CEO di bidang social media dan tentu saja Page berharap Gundotra segera menemukan formula yang paling tepat untuk membunuh Facebook. Hal ini ditanggapi oleh Gundotra dengan menggantung sebuah lukisan berangka tahun 1887 berjudul "Emerald Sea" untuk memacu karyawannya menghasilkan sesuatu agar tidak terus tertinggal dari Facebook. Tidak lama kemudian nama lukisan ini menjadi sebuah proyek yang kemudian melahirkan Google +1 untuk menyaingi tombol "Like" dari Facebook dan tombol retweet dari Twitter.
Reorganisasi Google kali ini tampaknya merupakan langkah penting yang akan menentukan nasib mereka di kemudian hari, terutama dalam rangka persaingan dengan Facebook. Page tampaknya menekankan pada insinyur untuk menempati posisi-posisi kunci, bukan kepada mereka yang berasal dari bidang manajemen. Page ingin kepemimpinan terdesentralisasi, meniru apa yang dipraktikkan oleh Steve Jobs di Apple dan Jeff Bezos di Amazon. Sejauh ini, menurut sebuah sumber, perubahan kepemimpinan dan reorganisasi ini mendapat sambutan hangat karyawan Google di Mountain View, California, Amerika Serikat.
Nah setelah reorganisasi, apa langkah selanjutnya yang akan dilakukan oleh Larry Page? Mungkinkah sebentar lagi Google akan meluncurkan social media versi mereka? Kita tunggu saja.(Kompasiana/Kimi Raikko)

Terancam Twitter, Google Bayar 2 Pegawai Jutaan Dollar

Google rela merogoh kocek jutaan dollar AS untuk membayar dua pegawainya agar tidak berpindah pekerjaan ke Twitter. Ini kejadian nyata yang baru beberapa hari ini dilakukan oleh Google, perusahaan search engine terbesar di dunia.
Dua orang pegawai tersebut, Sundar Pichai dan Neal Mohan. Keduanya dihalangi oleh Google untuk bekerja di Twitter dengan memberikan kompensasi sebesar 50 juta dollar AS sampai dengan 100 juta dollar AS. Kabarnya, Twitter mengincar dua pegawai Google tersebut untuk mengisi jabatan manager produk.
Namun, hal ini tidak terwujud karena Google bertindak dengan memberikan pembayaran bagi dua orang tersebut agar tidak menerima pekerjaan tersebut. Hal ini membuat Twitter terpaksa menyewa dua orang manajer produk paruh waktu untuk mengisi posisi tersebut.
Sumber daya manusia di Google memang selama ini banyak diburu perusahaan lain termasuk perusahaan startup yang sedang tumbuh. Salah satu yang cukup berhasil menggaet orang-orang Google adalah Facebook. Beberapa eksekutif tingkat atas Facebook saat ini adalah mantan pegawai Google. Jika terus dibiarkan, Google bisa-bisa digembosi oleh pegawainya sendiri.
Google belakangan memang menggelontorkan kompensasi finansial besarkepada para karyawannya. Pada awal bulan Januari 2011 yang lalu, seluruh pegawai Google yang kini berjumlah 24.000 orang diberikan bonus liburan masing-masing 1.000 dollar AS dan kenaikan gaji 10 persen. Langkah ini kemudian diikuti dengan keluarnya sebuah memo rahasia CEO Google yang baru, Larry Page yang menjanjikan kenakan bonus 25 persen atau penurunan bonus 25 persen bagi pegawai Google tergantung berhasil atau tidaknya proyek mereka di social media.(Kompasiana/Kimi Raikko)

Inilah Rahasia Berinvestasi di Properti

Anda yang masih awam dengan dunia properti, namun tertarik mencobanya, jangan ragu untuk memulai karena tahun 2011 ini perekonomian tengah bangkit. Tahun 2014 nanti, bisnis properti akan "booming".
Ada empat jurus berinvestasi properti yakni waktu yang tepat, lokasi yang tepat, pengembang yang tepat, dan pembiayaan yang cerdas.
Panangian Simanungkalit, Direktur Pusat Studi Properti Indonesia (PSPI) membeberkan alasan mengapa tahun 2014, bisnis properti akan booming. Alasannya, pertumbuhan ekonomi Indonesia terus naik, daya beli konsumen terus meningkat, pembangunan infrastruktur meningkat, suku bunga KPR rendah dan stabil, suku bunga konstruksi rendah dan stabil, dan pasar perumahan apartemen dan perkantoran (pada 2011) tumbuh 10 - 15 persen.
Uniknya, bisnis properti di Indonesia berbeda dengan negara-negara lainnya. Disini, harga properti tidak turun atau stabil meski inflasi tinggi dan suku bunga naik. "Investasi properti di Indonesia itu high return, low risk. Sebagai investasi, saat ini orang-orang yang memiliki uang lebih percaya aset properti daripada aset finansial seperti saham dan reksadana," kata Panangian.
Nah, untuk rahasia berinvestasi di properti, Panangian menyebutkan ada empat jurus; yakni waktu yang tepat, lokasi yang tepat, pengembang yang tepat, dan pembiayaan yang cerdas.
Waktu yang tepat artinya, anda membeli produk yang baru dibangun di lokasi tepat, dan belilah saat acara peluncuran produk. Biasanya ketika properti terbangun, harganya pun semakin meroket.
Lokasi yang tepat, artinya anda harus memperhatikan jumlah orang yang masuk ke area tersebut lebih besar daripada orang yang keluar. Juga memperhatikan aksesibilitas yang baik menuju pusat kota. Pilih lokasi dekat dengan pusat pertumbuhan bisnis dan strategis.
Pengembang yang tepat, artinya anda harus cerdik memilih pengembang yang berpengalaman, yang memiliki reputasi baik, dan memiliki karakter yang baik.
Lalu mengenai pembiayaan yang cerdas, anda perlu memikirkan pembiayaan secara tunai atau kredit, memikirkan pula pembiayaan dengan jangka pendek atau jangka panjang, dan memperhatikan bunga fixed atau floating.
Untuk investasi properti yang terbaik dari sisi Return on Investment, Anda dapat melirik properti rumah sewa, ruko atau rukan, ruang perkantoran, dan apartemen atau kondominium.
Selamat mencoba!