Senin, 23 Januari 2012

Ambisi Mercedes Jadi No.1 di Dunia

Mercedes-Benz berambisi menjadi nomor satu produsen mobil premium di dunia, yang saat ini posisi tersebut dipegang BMW. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh CEO Daimler Dieter Zetsche dan untuk memenuhi target tersebut, pihaknya akan membangun pabrik di beberapa negara.

Menurut rencana, Mercedes akan mendirikan pabrik di Amerika utara dengan lokasi pilihan, antara Amerika dan Meksiko. Operasionalnya pada 2017 atau 2018 dengan memproduksi generasi berikut dari A-Class. Sedang pabrik satu lagi di China.

Berkaitan dengan pembangunan pabrik, pihak Mercedes akan menyuntik dana segar 2 miliyar dollar Ameria atau Rp17,8 triliun. Dari jumlah tersebut, juga disisihkan untuk melengkapi kembali fasilitas pabrik di Tuscaloosa, Alabama, Amerika yang diberi tugas produksi C-Class.

Untuk penjualan global, tahun lalu Mercedes berhasil melego total 1,36 juta unit dan berada di bawah BMW yang lebih banyak 300.000 unit. Pada 2020, pabrik mobil asal Jerman ini sudah mematok 2,7 juta unit dan meningkatkan keuntungan operasional lebih dari 10 persen.
Sumber : carscoop