Selasa, 17 Januari 2012

Ford Pastikan All-New Ranger dan Focus Meluncur Tahun ini

Ford Motor Indonesia (FMI) mengaku memperoleh kenaikkan penjualan terbesar tahun lalu dibanding dengan Agen Pemegang Merek (APM) mobil lainnya di Indonesia. Klaim FMI, kenaikkan penjualannya tahun lalu 94 persen, sementara kenaikkan penjualan mobil nasional 17 persen. Hal tersebut disampaikan oleh Bagus Susanto, Managing Director PT FMI di dealer Ford di Tangerang, Banten siang tadi (17/1/2012) kepada wartawan.

FHM melaporkan penjualannya tahun lalu 15.988 unit (data yang diterima KompasOtomotif dari APM lain untuk GAIKINDO sebelumnya 15.670 unit). Dengan kenaikkan 94 persen, berarti penjualan Ford 2010 yang digunakan sebagai pembanding adalah 8.233 unit (ritel).  

Target Tanpa Angka

Tahun ini FMI memperkirakan pasar mobil Indonesia masih terus tumbuh. Menurut Bagus - mengutip perkiraaan Gabungan Assosiasi Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) - penjualan tahun berkisar 930.000 – 960.000 unit.

Kendati Ford berharap bisa memperoleh kenaikkan lagi, namun Bagus tidak mau menyebutkan angka targetnya tahun ini. Hanya dijelaskan, untuk mendongkrak pertumbuhannya penjualan tahun ini, akan dikluncurkan 2 model All-New, yaitu Ranger dan Focus. Jadwal peluncuran kedua model juga belum diinformasikan.

Ford belum mau menyingung rencana memasarkan andalan terbarunya yang  diperkenalkan di India awal bulan ini - akan berperang disegmen SUV kompak - yaitu Ecosport. Sedangkan Fiesta, kini menjadi adalan Ford di Indonesia di samping Ranger, akan dilengkapi dengan model sedan.

Hanya dijelaskan untuk menunjang penjualan pada tahun ini, Ford akan menambahkan lagi jaringan penjualan dan layanan purna jual, yaitu 8 dealer. Dengan ini pula, pada 2012, Ford akan mempunyai 48 dealer di seluruh Indonesia.
Sumber : KompasOtomotif | Author : Zulkifli BJ