Rabu, 01 Februari 2012

Nih, 5 Mobil Teraman Versi Euro NCAP

Program Penilaian Kinerja Keselamatan Mobil Eropa (Euro NCAP: New Car Assessment Programme’s) mengeluarkan daftar 5 mobil baru teraman berdasarkan segmennya dan dipasarkan tahun lalu. Lima mobil yang mendapatkan poin maksimum, 5 bintang dengan kriteria, keselamatan penumpang dewasa, anak-anak, pejalan kaki dan sistem bantuan perangkat keselamatan adalah Chevrolet Aveo (supermini), Ford Focus (keluarga kecil) , Mercedes-Benz B-Class (MPV kecil), Audi Q3 (off-road 4x4 kecil) dan Volvo V60 (keluarga besar). 

Untuk runner-up di masing-masing kategori adalah  Toyota Yaris, Hyundai ix20, Lexus CT200h, Chevrolet Malibu, Opel Zafira Tourer, BMW X1 dan Mercedes-Benz M-Class.
Dari hasil pengujian, Aveo meraih angka 87 persen untuk perlindungan penumpang anak-anak, Focus 72 persen untuk uji keselamatan pejalan kaki, B-Class 97 persen kemampuan mencegah  cedera penumpang dewasa dan V60 memperoleh nilai lengkap untuk  penggunaan fitur bantuan keselamatan dengan  sistem autonomous emergency braking (AEB).
Sekjen Euro NCAP, Dr Michiel van Ratingen mengutarakan, dengan uji tabrak ini produsen  terpaksa untuk menerapkan AEB. "Tahap pengujian sistem AEB tergolong ketat dan mendorong produsen untuk terus menggunakannya pada model terbaru yang dipasarkan," ujar van Ratingen.
Tahun ini Euro NCAP juga menaikkan prosentase perlindungan terhadap pejalan kaki, semula  minimum 40 persen kini menjadi 60 persen.
Sumber : caradvice