Wednesday, May 11, 2011

Folden Buat Pengobat Depresi



Ini jadinya kalau orang-orang Selandia Baru beradu argumen tentang mobil mana, antara Holden dan Ford Mustang, yang paling hebat di negara mereka. Hasilnya adalah "indo". Wajah depannya Ford Mustang 1969, sementara tiga perempat bagian ke belakang Holden Kingswood 1970. Yang menarik, mobil ini pada akhirnya dibuat untuk disumbangkan ke sebuah yayasan penderita depresi.
Semua berawal dari ide penyiar radio The Rock FM, Robert Taylor dan Jono Pryor, untuk mempertemukan para pendengar sekaligus penyuka Holden dan Ford Mustang. Perdebatan tentang mana yang kuat itu berujung pada ide untuk menggabungkan Ford Mustang dan Holden sehingga menjadi "Folden".
Proyek pun dimulai dengan komando dari Todd Wylie, perwakilan NZV8 magazine. Sebuah Holden Kingswood 1970 dipangkas di bagian depan, lalu sebuah moncong milik Ford Mustang 1969 disatukan dan ditempel secara halus. Robert dan Jono mengatakan bahwa pembangunan Folden memakan waktu lebih kurang 3 bulan dengan masa kerja 800 jam. Biayanya lebih kurang 85.000 dollar Selandia Baru (setara Rp 576 juta).
Biaya itu mencakup penyematan velg Chip Foose ukuran 20 inci, cat abu-abu metalik dengan aksen balap berupa garis berwarna oranye. Tak ketinggalan, kelengkapan istimewa di dalam kabin berupa interor yang sepenuhnya dibuat secara custom, dan sistem audio high-end.
Satu lagi, logo Folden dibuat menggabungkan logo singa di Holden dan kuda berlari di Mustang. Hasilnya adalah logo singa-kuda berlari dengan warna merah.
Sedan besar yang kemudian dipasangi mesin V8 Ford ukuran 302 kubik inci tersebut kemudian dilelang dan laku dengan harga tertinggi 62.700 dollar Selandia Baru (atau setara Rp 425 juta). Agak rugi memang kalau dari segi biaya. Namun, apa artinya jika dana penjualan ini akhirnya diberikan kepada yayasan penderita depresi, The Mental Health Foundation, Selandia Baru. (Dimas)
Sumber :
carscoop.blogspot.com, www.voxy.co.nz, stuff.co.nz, therock.net.nz

No comments:

Post a Comment