Pengguna Facebook Indonesia Tembus Angka 33 Juta Lebih – Setelah beberapa hari lalu dilanda berita hoax yang mengabarkan Facebook ditutup tanggal 15 Maret 2011, Facebook memantapkan diri menjadi media sosial yang sampai hari ini hampir tidak bisa dilawan. Hasil statistik socialbaker.com mengabarkan bahwa Facebook saat berita tersebut ditulis telah mencapai pengguna hampir 600 juta orang atau tepatnya di angka 596.372.520 orang.
Hal ini makin menegaskan dominasi  Facebook dalam dunia internet setelah di tahun 2010 yang lalu  mengalahkan Google di Amerika Serikat sebagai situs yang paling banyak  ditengok pengguna internet selama tahun 2010. Bahkan di mesin pencarian,  kata facebook atau facebook login menempati urutan pertama dan ketiga  dalam daftar kata yang paling banyak digunakan pengguna internet dalam  mesin pencari.
Facebook yang saat ini belum juga  menjual sahamnya ke publik di AS, baru-baru ini juga telah mendapat  suntikan dana dari Goldman Sachs dan investor Rusia. Menurut berbagai  sumber belum ada rencana yang cukup jelas untuk apa uang tersebut  digunakan oleh Facebook. Namun, mungkin saja salah satu proyek yang bisa  mereka kerjakan adalah membuat smartphone Facebook karena sisi ini  merupakan sisi lemah Facebook selama ini atau membuat OS untuk  smartphone di mana di sisi ini Google mendapatkan kemajuan spektakuler  dengan merajanya Android sebagai OS smartphone terbanyak di AS saat ini.
Bila kita lihat data pengguna Facebook  tersebut, Indonesia ternyata sudah menjadi negara dengan jumlah pengguna  Facebook nomor dua di dunia setelah Amerika Serikat.  Coba kita  perhatikan data berikut ini:
10 besar negara dengan pengguna Facebook terbesar, sumber: http://www.socialbakers.com
Jika kita anggap saat ini penduduk  Indonesia sebesar 238 juta dan 150  juta di antaranya berusia produktif  antara 15 sampai dengan 60 tahun  (biasanya kelompok ini yang terbanyak  menggunakan Facebook), maka  besarnya pengguna  Facebook Indonesia dari  usia produktif tersebut  adalah sebesar 22%. Dan lagi beberapa bulan di  tahun 2010 yang lalu,  pertumbuhan pengguna Facebook baru di Indonesia  selalu menempati nomor  dua setelah AS. Pada bulan Oktober 2010,  pengguna Facebook  di Indonesia  meningkat  2.973.600 orang dibandingkan  dengan bulan September 2010,  sedangkan pada bulan November meningkat  sebesar 1.675.860 orang  dibandingkan angka di bulan Oktober 2010.Jumlah  pengguna di bulan  Desember 2010 meningkat sebesar 2.135.940  dibandingkan angka di bulan  November 2010. Angka ini bisa saja  menjadikan Indonesia sebagai negara  paling tinggi peningkatan  pengguna  Facebook di bulan Desember 2010  karena bila kita lihat AS mengalami  penurunan sebesar 213.120 orang.
Dalam enam bulan terakhir pengguna  Facebook di Indonesia telah meningkat  sebesar 8 juta orang lebih. Di  negara ASEAN angka ini hanya bisa  disaingi oleh Philippina yang  peningkatan pengguna Facebook-nya  meningkat sebesar 6 juta orang lebih.  Peningkatan sebesar 8 juta  pengguna baru tersebut merupakan  peningkatan ketiga terbesar di dunia  setelah AS dan India. Dari sisi  demografi, pengguna Facebook di  Indonesia terbagi dalam berbagai  kelompok umur, yaitu 13-15 tahun  sebesar 11%, 16-17 tahun sebesar 13%,  18-24 tahun sebesar 41%, 25-34  tahun sebesar 24%, 35-44 tahun 8%, 45-54  tahun 2%, dan 55-64 tahun 1%.  Perbandingan antara perempuan dan  laki-laki adalah 59% laki-laki dan 41%  perempuan.
Dari daftar tersebut di antara negara  Asia, selama enam bulan terakhir  Indonesia, Philippina dan India  mencatat kenaikan pengguna Facebook  paling banyak. Bila kita analisis  dan kita kaitkan dengan pengguna  Facebook yang suka narsis, berarti di  Asia bahkan dunia, orang Indonesia  (tentunya yang menggunakan Facebook)  menempati urutan kedua ternarsis  di dunia dan posisi pertama di Asia.
Peningkatan pengguna Facebook di  Indonesia yang sangat banyak ini tentu  disebabkan banyak hal.  Facebook  memang menawarkan pengalaman bersosial  lebih personal dibandingkan  dengan Twitter misalnya, bahkan banyak orang  menganggap bahwa twitter  lebih kepada tool pemasaran. Hal ini  tentu membuat lebih  banyak pengguna datang ke Facebook terutama orang  yang tidak mau repot  untuk mempersingkat karakater menjadi 140. Selain  itu, aplikasi  Facebook yang all ini one juga merupakan salah satu daya tarik yang menentukan. Banyak orang menggunakan Facebook bahkan hanya untuk bisa main game.
Bila kita hubungkan dengan harga gadget  ponsel yang semakin  murah (terutama ponsel buatan China) yang beredar  di Indonesia, tentu  hal ini merupakan faktor penentu juga. Saat ini  pengguna Facebook  melalui ponsel, saya kira angkanya terus naik karena  harga gadget yang bisa menghubungkan ke Facebook semakin  murah. Selain itu, program  hemat dari beberapa operator memungkinkan  pengguna Facebook berinteraksi  degang temannya di Facebook dengan harga  yang sangat murah. Kita bisa  melihat sedemikian banyak program dari  operator telekomunikasi di  Indonesia sehingga menjadi penarik yang kuat  orang Indonesia untuk  menggunakan Facebook.
Bila kita lihat lagi daftar pengguna  Facebook dari berbagai negara  tersebut, negara-negara yang bisa kita  kategorikan cukup maju  perekonomiannya di ASEAN, seperti Singapura dan  Malaysia tidak termasuk  dalam daftar 10 besar negara pengguna Facebook  terbesar di dunia.  Malaysia hanya berada di posisi 16 dengan pengguna  Facebook sebesar 9  juta lebih, sedangkan Singapura (kecuali memang  penduduknya sedikit)  berada di angka 2,28 juta orang. Bahkan China yang  perekonomiannya  sangat maju di tahun 2010 yang lalu hanya memiliki  pengguna Facebook 200  ribuan pengguna Facebook. Bila kita bandingkan  dengan jumlahnya  penduduknya yang 1 miliar lebih tentu angka ini  menunjukkan jumlah yang  sangat minimal.
Tampaknya Indonesia sudah menjadi raja  di Asia, tetapi bukan dalam  kemajuan perekonomian dan pembangunan,  melainkan dalam jumlah pengguna  Facebook. Selamat! (kompasiana)
 
 
No comments:
Post a Comment