Friday, July 8, 2011

BMW M2 buat Saingi Porsche Cayman dan Audi TT RS

Divisi M BMW melakukan revolusi dengan menyiapkan M2 untuk satu tujuan, yaitu menyaingi Porsche Cayman dan Audi TT RS. Begitu ungkap Auto Express (AE) yang informasinya didapat dari sumber orang dalam BMW. Malah, AE sempat berbicara secara eksklusif dengan Managing Director Divisi M BMW Dr Friedrich Nitschke.
Seperti diungkapkannya, mobil itu kunci utama dari rencananya dan itu sudah dimulai. Selain M2, ada juga M3 yang revolusioner untuk menandingi Audi R8 serta Audi S dan RS, kemudian kupe Seri 1 untuk entry level.
Untuk M2, BMW akan menggunakan platform F21 yang nantinya juga akan dipakai pada Seri 2 yang diperkenalkan pada awal 2014. Posisi mesin di depan, tetapi mobil berpenggerak roda belakang.
Mengenai mesin, BMW kini sedang menjalani pengujian dua varian. Pertama, yang berkapasitas 3,0 liter enam silinder dilengkapi turbo dan mempunyai tenaga maksimum 350 PS. Jantung pacu ini sangat mirip dengan kupe M1. Adapun mesin kedua sangat inovatif dengan dilengkapi tri-turbo. Performanya hampir sama dengan yang pertama, hanya efisiensi bahan bakar lebih baik. Konon, mesin yang terakhir akan dipasang pada BMW baru X3 M yang akan dipajang pada Frankfurt Motor Show, September mendatang.
Untuk M2 belum diputuskan. Namun, transmisi sudah ditentukan dengan memakai model baru DCT yang semi-otomatis. Remnya akan diambil dari M3 saat ini. Selain itu, untuk menjaga bobot kendaraan, bagian tertentu menggunakan serat karbon yang diperkuat dengan plastik. Bahan ini sudah diadopsi pertama kali pada E46 M3 CSL yang kondisinya lebih kuat dari baja, tetapi lebih ringan.

No comments:

Post a Comment