Friday, May 13, 2011

Konglomerat Properti Eddie Ye, Orang Terkaya di Shanghai


Satu dari 175 orang yang tinggal di Shanghai, China, memiliki kekayaan lebih dari 10 juta yuan atau 1,5 juta dollar AS. Demikian hasil riset lembaga Hurun Research Institute seperti dikutip Shanghai Daily, Jumat (13/5/11).

Konglomerat properti, Eddie Ye, Chairman Super Ocean Group adalah orang terkaya di Shanghai saat ini dengan kekayaan 15 miliar Yuan. Eddie adalah kelahiran Shanghai. 

Sebanyak 132.000 orang di kota ini memiliki aset pribadi bernilai 10 juta Yuan. Angka ini 8,2 persen lebih tinggi dibandingkan angka tahun lalu. Kenaikan ini terutama akibat cepatnya perkembangan ekonomi dan pasar properti Shanghai.
Sebanyak 80 orang yang memiliki kekayaan pribadi sedikitnya 1 miliar dollar AS pada bulan Mei 2011, kata perusahaan manajemen kekayaan Gao Fu Club. Sekitar 55 persen kekayaan mereka berasal dari bisnis pribadi, 20 persen adalah spekulan properti, 15 persen pakar pasar saham, dan 10 persen adalah eksekutif perusahaan.

Data Biro Statistik China menunjukkan, harga rumah baru di 70 kota di China naik rata-rata 13,7 persen dari tahun sebelumnya. Laporan Knight Frank, perusahaan yang bermarkas di London menyebutkan, harga properti high-end di Shanghai naik 21 persen tahun lalu, dan ini kenaikan tercepat di dunia.
"Cepatnya perkembangan ekonomi Shanghai dan meledaknya pasar real estate telah menciptakan situasi di mana 1 orang di antara 175 orang di Shanghai adalah miliarder," kata Rupert Hoogewerf, Chairman dan Chief Researcher Hurun. "Angka-angka ini telah diamati brand-brand mewah di seluruh dunia," katanya.

Laporan ini memperkirakan 350 miliarder tinggal di Shanghai saat ini, dan 109 di antaranya masuk dalam daftar orang kaya Hurun pada tahun 2010.
"Masih banyak orang-orang China yang kaya tapi masih tersembunyi," kata Hoogewerf. "Kami memperkirakan ada 4.000 miliarder di China, dan hanya sepertiganya yang masuk Hurun Rich List," jelasnya.

Liu Yiqian, Chairman Sunline Group, sebuah firma investasi, adalah orang terkaya kedua di Shanghai dengan kekayaan 10 miliar Yuan. Dia lahir di Shanghai.
Investor properti Lio Yongxing, Chairman East Hope Group, adalah orang terkaya di Shanghai (tapi tidak lahir di kota ini) dengan nilai aset pribadi 35 miliar Yuan. Bintang basket Yao Ming (30) adalah orang termuda di Shanghai yang memiliki kekayaan lebih dari 1 miliar dollar AS. Yao Ming lahir di Shanghai.

Tak satu pun orang super kaya, asli Shanghai, yang masuk dalam daftar Hurun Philanthropy 2011. Keluarga Cao Dewang berada di puncak daftar dengan donasi hampir 4,6 miliar Yuan pada tahun 2010.  China daratan kini rumah bagi 960.000 orang dengan kekayaan pribadi lebih dari 10 juta Yuan. (Shanghai Daily/KSP)
Sumber :
Shanghai Daily

No comments:

Post a Comment