Friday, May 13, 2011

Promosi Kebaikan Syariah Penting


Promosi kebaikan sistem syariah dalam dunia finansial dan perbankan menjadi penting untuk dilakukan. Penyebabnya, belum banyak masyarakat yang tahu mengenai hal ini.
Sudah ada, tetapi pelan sekali pertumbuhannya (investasi di saham syariah)," tutur perencana keuangan PT Quantum Magna, Ligwina Poerwo-Hananto, kepada Kompas.com di sela-sela acara Indonesia Banking Expo (IBEX) 2011 di Jakarta, Jumat (13/5/2011).
Ia menyambut baik hadirnya fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 80 tentang Penerapan Prinsip Syariah dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek. Namun, ia menilai, keluarnya fatwa ini tidak serta-merta akan menaikkan ketertarikan masyarakat untuk berinvestasi di saham syariah.
"Saya perhatikan orang Indonesia itu tidak tertarik jika hanya diiming-imingi atas nama agama," katanya.
Menurut Ligwina, hal yang harus dipromosikan adalah seperti apa kebaikan syariah. Ia mencontohkan, belum banyak masyarakat yang tahu bahwa ternyata kredit pemilikan rumah (KPR) syariah itu cicilannya tetap meskipun bunga naik atau turun.
Bursa Efek Indonesia juga meluncurkan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) pada Kamis (12/5/2011).
ISSI akan menjadi acuan bagi investor untuk berinvestasi di saham, khususnya saham syariah. Indeks ini pun akan jadi indikator utama yang dapat menggambarkan kinerja semua saham syariah yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

No comments:

Post a Comment