Kendati peluncuran sudah dilakukan pada Juli tahun lalu—di IIMS 2010, tetapi baru minggu lalu sebagian wartawan diberi kesempatan mencoba langsung New Tucson oleh PT Hyundai Mobil Indonesia. Tes bersama dikemas dalam acara Hyundai Media Fun Drive 2011 yang diselenggarakan pada Rabu dan Kamis kemarin. Wartawan harus bergantian merasakan "gairah baru" New Tucson yang tampil lebih gagah dan stylish dengan suasana konvoi.
Pada hari pertama menjajal mobil ini, rute yang diambil mulai dari Gandaria City, tol JORR Pondok Indah-Cikunir-Cikampek-Purwakarta, keluar tol menuju Subang-Ciater-Sumedang-Bandung. Besok kembali Jakarta melalui tol Bandung-Cikampek-Jakarta. Total jarak tempuh 450 km.
Crossover
Penampilan New Tucson bukan lagi SUV, tetapi sudah mengarah ke crossover. Ini terlihat dari desain bodi bundar, baik di depan maupun di belakang. Alhasil, penampilannya makin stylish, cocok dengan konsep crossover yang menggabungkan MPV, SUV, dan hatchback. Karena itu, untuk pasar Indonesia, Hyundai hanya memilihkan sistem gerak 4 x 2 dengan gerak roda depan.
Penampilan New Tucson bukan lagi SUV, tetapi sudah mengarah ke crossover. Ini terlihat dari desain bodi bundar, baik di depan maupun di belakang. Alhasil, penampilannya makin stylish, cocok dengan konsep crossover yang menggabungkan MPV, SUV, dan hatchback. Karena itu, untuk pasar Indonesia, Hyundai hanya memilihkan sistem gerak 4 x 2 dengan gerak roda depan.
Penampilan New Tucson kental dengan gaya Eropa (hasil rancangan studio Hyundai di Russelsheim, Jerman). Karena itu pula, sepintas penampilan crossover ini dari belakang mirip dengan SUV X-Series dari BMW dan Audi Q5. Kaca sampingnya bergaya kupe.
Mesin
Sebagai sumber penggerak, Hyundai menanam mesin Theta II, berkapasitas 2,0 liter dengan teknologi DOHC dan dual continuously variable valve timing ( CVVT) untuk kedua katup isap dan buang.
Sebagai sumber penggerak, Hyundai menanam mesin Theta II, berkapasitas 2,0 liter dengan teknologi DOHC dan dual continuously variable valve timing ( CVVT) untuk kedua katup isap dan buang.
Spesifikasi mesin ini pas banget dengan yang digunakan saudaranya satu grup dari Korea, yaitu Kia All-New Sportage yang sudah lebih dulu menyatakan diri sebagai crossover. Kemampuan mesin menghasilkan tenaga dan torsi maksimal juga sama. Begitu juga dengan suspensi depan McPherson struk dan belakang multilink.
Kendati demikian, desain bodi dan dimensi berbeda sedikit (Sportage lebih panjang 35 mm), tetapi jarak antarsumbu rodanya sama. Karena itu pula, klaim radius putarnya sama, yaitu 5,29 meter.
Dari segi harga, keduanya juga hampir sama, hanya berbeda Rp 1 juta, khususnya dibandingkan dengan Sportage dengan transmisi otomatis. Kalau Hyundai memberi banderol New Tucson Rp 287 juta (on the road di Jakarta), Kia menjual All-New Sportage 286 juta (transmisi otomatis). Hyundai hanya menawarkan Tucson dengan satu transmisi otomatis.
Interior
Interior Tucson dengan dua deret tempat duduk sangat lega. Joknya nyaman diduduki dengan penahan kepala pada setiap pas untuk ukuran orang Indonesia. Interior kombinasi gelap dengan warna silver pada setir, bagian tengah dashboard, cukup memberi kesan mewah mobil ini. Finishing dan kualitas komponen interior sudah sangat bagus!
Interior Tucson dengan dua deret tempat duduk sangat lega. Joknya nyaman diduduki dengan penahan kepala pada setiap pas untuk ukuran orang Indonesia. Interior kombinasi gelap dengan warna silver pada setir, bagian tengah dashboard, cukup memberi kesan mewah mobil ini. Finishing dan kualitas komponen interior sudah sangat bagus!
Suasana interior yang cukup menarik dan menyenangkan adalah ketika mesin hidup atau malam hari. Pada panel instrumen dengan dua bulatan di kanan dan kiri (binocular) menggunakan pencahaya biru. Begitu juga pada layar audio dan lampu pada konsol boks.
Posisi setir dan duduk pengemudi pas dan nyaman. Alhasil, bisa mengurangi kelelahan selama menempuh perjalanan jauh. Hanya jari-jari kiri yang dilengkapi tombol untuk mengatur volume audio. Seperti mobil sekarang, audio bisa digunakan memainkan CD, juga bisa dihubungkan ke USB dan aux untuk memainkan lagu dengan format MP3. Penempatan speaker di pintu dengan posisi agar menghasilkan suara yang cukup bagus bagi kuping pengemudi dan penumpang (depan dan belakang).
Transmisi
Transmisi shifttronic 6-percepatan dilengkapi dengan perpindahan manual yang hanya dilakukan dengan mendorong atau maju mundurkan posisi tongkat transmisi di konsol tengah. Mesin bertenaga 166 PS mampu memenuhi saat kendaraan dikebut dan menanjak.
Transmisi shifttronic 6-percepatan dilengkapi dengan perpindahan manual yang hanya dilakukan dengan mendorong atau maju mundurkan posisi tongkat transmisi di konsol tengah. Mesin bertenaga 166 PS mampu memenuhi saat kendaraan dikebut dan menanjak.
Kendati demikian, perpindahan gigi crossover sangat terasa, terutama saat kendaraan dikebut mengejar di depan. Hal yang sama juga terjadi di tanjakan. Kondisi cukup mengganggu pengemudi yang terbiasa menggunakan SUV Jepang bermesin di atas 2,0 liter ataupun SUV dari Eropa dengan kapasitas mesin yang sama.
Suara dari mesin, transmisi, dan dari roda masih dirasakan, tetapi sudah lebih baik dibandingkan mobil asal Korea sebelumnya. Untuk stabilitas, memang teruji secara optimal. Namun, pengendalian setir sangat bagus.
Spesifikasi Hyundai New Tucson
Dimensi (mm) | |
Panjang | 4.410 |
Lebar | 1.820 |
Tinggi | 1.655 |
Jarak antar-sumbu roda | 2.640 |
Kapasitas tangki BBM | 55 liter |
Konsumsi bahan bakar | (klaim Hyundai AS) |
Dalam kota | 9,7 kpl |
Tol | 13 kpl |
Mesin | Bensin, 4-silinder |
Kapasitas (cc) | 1.998 |
Tenaga maks | 166 PS @6.200 rpm |
Torsi maks | 20,1 kg-m @4.600 rpm |
Transmisi | Shiftronic 6-percepatan |
Ukuran roda/ ban | 6,5J x 17 / 225-60R17 |
Rem depan belakang | Cakram |
Perlengkapan keamanan | ABS |
No comments:
Post a Comment