Friday, May 13, 2011

Peugeot 207 Sedan Lebih Murah dari "Hatchback"


Inilah untuk kali pertama di Indonesia, sedan Peugeot 207 dengan harga lebih murah dari versi hatchback-nya. Mobil yang diluncurkan hari ini oleh Peugeot Indonesia (PT Astra International) tersebut dijual dengan harga Rp 243 juta (off the road di Jakarta). Harga on the road mobil ini—dengan pajak 11,5 persen—diperkirakan Rp 273 juta.
Versi hatchback 207 sebelumnya dijual Rp 276,5 juta. Padahal, kapasitas mesin sedan 207 ini lebih besar dari versi hatchback. Bila 207 sedan menggunakan mesin berkapasitas 1,6 liter, versi hatchback 1,4 liter. Kok bisa?

"Versi 207 hatchback langsung diimpor dari Perancis, sedangkan 207 sedan dirakit atau diimpor dari Malaysia. Hasilnya, pajak atau bea masuknya lebih murah. Harga lebih terjangkau," ungkap Constantius Herlijoso, CEO PT Astra International Tbk-Peugeot.
Sementara itu, pemasaran versi hatchback pun dihentikan untuk sementara. "Terjadi perubahan di Perancis. Peugeot 207 hatchback nantinya akan menggunakan mesin 1,6 liter," tambah Herlijoso.
Dibandingkan kompetitor terdekatnya, yaitu Toyota Vios dan Honda City, harga Peugeot 207 sedan ini sedikit di atas Vios yang dijual seharga Rp 238 juta (on the road) dengan mesin 1,5 liter dan tenaga 109 PS. Adapun jika dibandingkan Honda City yang juga bermesin 1,5 liter (120 PS), kisaran harga jualnya sama.
Sedan ini termasuk kompak dengan panjang 4.235 mm, lebar 1.669 mm, tinggi 1.447 mm dan berjarak sumbu roda 2.443 mm. Ruang interior cukup untuk ukuran orang Indonesia, baik depan maupun belakang. Kesan sport menonjol pada panel instrumen yang bulat dengan warna dasar putih.
Kemampuan 207 sedan berakselarasi—saat dicoba oleh Kompas.com dengan mode transmisi "S" atau sport—sangat agresif di kelasnya. Sementara itu, kemampuan dengan mode transmisi "D" atau ekonomi cukup baik. Pada mode "D" perpindahan gigi berlangsung pada putaran mesin lebih rendah dengan tujuan untuk mengirit bensin.
Pada mode S, perpindahan gigi terjadi pada putaran lebih tinggi dan terasa sangat bertenaga dan agresif, walau cenderung boros bahan bakar. Ciri lain dari transmisi otomatis ini adalah bisa dioperasikan juga secara manual. Bila pedal ditekan terus sampai garis merah, 6.200 rpm, gigi akan pindah dengan sendirinya ke posisi lebih tinggi. Tambahan lain dari 207 versi sedan, transmisi juga bisa dioperasikan pada mode "wet" untuk mencegah roda berputar di tempat atau selip ketika melaju di jalan basah.
Fitur lain yang disertakan pada mobil yang ditargetkan terjual sebanyak 100 unit pada tahun ini di Indonesia adalah anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), emergency brake assist (EBA), dan lampu depan otomatik

No comments:

Post a Comment