Wednesday, January 4, 2012

Ford EcoSport, Calon Penantang Rush-Terios

Setelah "teaser"-nya dirilis akhir tahun lalu, Ford Motor Company benar-benar memperkenalkan produk global terbarunya, yaitu  EcoSport 2012 di New Delhi, India, Rabu (4/1/2012). Ford dikabarkan telah menyiapkan dana 142 juta dolar AS untuk  pabrik perakitan SUV kompak tesebut di India. 
EcoSport menjadi produk global keempat Ford setelah Fiesta, Focus dan Ranger yang juga siap dipasarkan di Indonesia tahun depan. Perkenalan produk ini begitu spesial karena langsung dihadiri Presiden and Chief Executive Officer FMC Alan Mulally, Joe Hinrich (Group Vice President and President of Asia Pacific and Africa for Ford) dan Michael Boneham (President and Managing Director Ford India).
 
Joe Hinrichs saat perkenalan model baru ini mengatakan, satu dari delapan produk global yang disiapkan Ford adalah mobil kecil. Dengan strategi 'One Ford', semua divisi dimaksimalkan untuk memasarkan produknya ini.
 
Ford membekali EcoSport dengan mesin EcoBoost 1-liter yang mampu menghasilkan tenaga 120 PS, torsi 170 Nm dan emisi  karbondioksida 140 gram per km. Model ini basisnya sama dengan Fiesta.
 
Ford berencana mulai memasarkan EcoSport perdana di India pada akhir tahun ini. Harganya belum pasti tapi diperkirakan sekitar 8 lakh atau Rp138,05 juta per unit. Merek "Amrik" ini juga berencana melepas varian 1.5 liter diesel bertenaga 91 PS dan torsi 204 Nm. 
 
Saat diperkenalkan, Ford belum membeberkan spesifikasi teknis. EcoSport tampil dengan sosok yang cukup kuat  aura sportinya dan tetap memperlihatkan ciri khas desain dinamis Ford pada gril, lampu depan, bemper dan lampu kabutnya. Sayang penempatan ban serep masih di belakang bodi mengurangi estetika penampilannnya. Sumber; Kompas

No comments:

Post a Comment