Friday, February 17, 2012

Renault Gandeng Mercedes Ciptakan Mobil Premium

Aliansi yang terjalin antara Renault-Nissan dengan Daimler dan Mercedes-Benz makin erat. Karya dari kerja sama sudah dipasarkan seperti kendaraan komersil Renault memakai model Citan dari Mercedes-Benz. Begitu juga Renault Twingo yang dikembangkan dari platform Smart. Sebaliknya,  Mercy juga menumpang produksi mesin di pabrik Nissan, Tennessee, Amerika Serikat.
Itu saja! Tidak, Renault dikabarkan tengah menjajaki kemungkinan menciptakan mobil premium. "Setidaknya, salah satu platform kendaraan milik Daimler akan membantu kita. Tujuannya, memberitahu kerja sama ini bukan satu arah. Tak cuma Daimler yang datang dan ingin memproduksi mobil kecil, mereka juga merakit mesin di Renault," ujar CEO Renault-Nissan Carlos Ghosn seperti dilansir Bloomberg News (16/2/2012).
Dari komentar Ghosn, tersirat keinginan Renault-Nissan untuk menciptakan setidaknya satu model menggunakan model Mercedes-Benz. Rencana ini diperkuat dengan ucapan Chief Operating Officer Renault Group Carlos Tavares yang menjelaskan, keinginan perusahaan Perancis itu punya tiga model baru di segmen premium. Termasuk salah satunya, generasi terbaru Espace minivan yang niat diluncurkan dua tahun lagi (2014). Basis model dari Mercedes-Benz nantinya akan mengisi sisa model premium lainnya.
"Ini tentang menggunakan platform mereka dan dengan desain Renault pada bagian eksterior, lebih cocok disebut sentuhan Perancis," lanjut Tavares.
Untuk produksi, mobil premium ini akan dikonsentrasikan di Perancis. Sejarah Renault menggarap produk premium sebenarnya kurang sukses di masa lalu. Sebut saja Renault 20/30 yang diluncurkan sejak 1975 sampai 1984, disusul Renault 25 pada 1982 sampai 1992, Safrane (1992-200) dan Vel Satis (2001-2009). Tak ada yang "meledak" di pasar.
Sumber : www.drivearabia.com

No comments:

Post a Comment