Tuesday, May 3, 2011

Peugeot EX1 Pertajam Rekor Kecepatan Mobil Listrik


Peugeot mengambil langkah berani dengan membawa mobil konsep listriknya EX1 ke lintasan terberat Nurburgring-Nordschleife di Jerman. Tujuannya, bukan untuk menikmati kesenangan di trek dunia yang tergolong berat, melainkan prinsipal dari Perancis ini ingin memecahkan rekor putaran tercepat untuk mobil listrik.
Untuk meraih ambisi itu, Peugeot memercayai Stephane Caillet untuk mengebut EX1. Dengan panjang lintasan 20,8 km (12,92 km) dalam satu putaran, Stephane mencatat waktu tercepatnya 9 menit 1,333 detik dengan kecepatan rata-rata 138,324 km per jam. Menurut WIGE Performance, kelompok yang bertugas mencatat waktu di trek Nordschleife, hasil yang diraih EX1 berhasil mengukuhkan rekor baru.
Sementara rekor sebelumnya diukir oleh mobil listrik E MINI dengan waktu terbaiknya 9 menit 51,45 detik. "Cuaca sangat tidak mendukung," begitu rilis dari Peugeot mengenai catatan waktu mereka.
Konsep roadster EX1 digerakkan oleh sepasang motor listrik. Setiap unit motor listrik terpasang di gardan yang menggerakkan kedua roda dengan tenaga 170 PS. Berarti, dengan dua unit motor listrik menggerakkan keempat rodanya (4WD) dengan total tenaga 340 PS dan torsi 240Nm. Sumber tenaga berasal dari baterai lithium-ion berkemampuan tinggi.
Sumber :
carscoop

No comments:

Post a Comment