Jumat, 27 Januari 2012

Ini Tiga Model Baru Lexus GS

Lexus meluncurkan jajaran produk baru dari keluarga GS di Tokyo, Jepang, kemarin (26/1/2012). Sedan menengah premium yang diperkenalkan itu, yakni GS250 "facelift" yang mendapat sentuhan pada mesin, kemudian GS350 sebagai generasi keempat dengan tampilan baru. Satu lagi GS450h, hanya baru diperkenalkan pada 19 Maret 2012.

Tapi, ketiga sedan tersebut punya kesamaan pada desain gril yang kini lebih eksotis dengan lekukan tajam di kedua sisi. Yang membedakan tinggi-rendahnya kisi-kisi radiator dan air dam. Model gril ini mengikuti Lexus LF-LC yang mejeng di Detroit Auto Show, awal Januari 2012.

Jika GS250 hanya "facelift", lain dengan GS350 (juga dilakukan pada GS450). Dimensinya berubah dari model sebelumnya, terutama lebih tinggi 30 mm, lalu jarak pijak roda depan melar 40 mm dan yang belakang lebih lebar 50 mm, sehingga lebar keseluruhan mobil bertambah 20 mm. Pemelaran ini memberi keuntungan pada ruang kabin penumpang bertambah luas. Toyota pun memperbaiki posisi duduk pengemudi sehingga lebih ergonomis dan tak mudah lelah.

Lexus baru ini tersedia total 11 warna pilihan, di antaranya ada Sonic Silver dan dua kelir lain yang dikembangkan dengan teknik pengecatan baru. Khusus yang GS 450h dipasangi lampu LED "hi/lo" sehingga meningkatkan pencahayaan kala malam hari. Lalu, lampu belakang juga LED berbentuk huruf  "L", ini juga didapat pada GS250 dan GS350. Sentuhan mewah pada GS450h tampak pada setir bambu yang terbuat dari bahan bambu.

Kemudian, pada interior (untuk ketiga varian), di dalam konsol utama terpasang layar LCD lebar 12,3 inci resolusi tinggi dengan sistem pengatur Remote Touch generasi kedua yang fungsinya mirip "mouse" pada komputer.

Mesin

Untuk mesin, khusus GS250 dipasangi yang 2.5 liter V6 4GR-FSE dikombinasi dengan transmisi otomotis 6-percepatan Super ECT. Teknologi yang terakhir ini diklaim mampu mengoptimalkan rasio gigi, sehingga performa mesin merata di setiap tingkatan transmisi.

Sedang GS350 teronggok di balik kap, mesin 3.5 liter V6 2GR-FSE (GS 350) dengan "direct injection 4-stroke gasoline superor version (D-4S). Selain itu, pada bagian saluran udara masuk (air intake) dan saluran buang (exhaust system) ditingkatkan.

Untuk GS 450h, tenaga penggeraknya mengawinkan teknologi terbaru mesin 3.5-liter V6 2GR-FXE dengan "direct injection 4-stroke gasoline engine superior version" (D-4S) yang sudah mengaplikasi siklus Atkinson. Tenaga yang dihasilkan mencapai 295 PS pada 6.000 rpm dan torsi 356Nm pada 4.500 rpm. Tak ketinggalan motor listrik 147 kW yang mampu mengeluarkan tenaga sampai 200 PS. Mobil ini diklaim jago "ngebut" tapi tetap irit bahan bakar dan rendah gas emisi buang (karbondioksida) dan konsumsi bahan bakarnya mencapai 18,2 kpl sampai 20,5 kpl.

Asyiknya, ketiga model baru ini dilengkapi tiga gaya mengemudi yang sudah diatur oleh sistem komputerisasi, yakni Eco, Normal, Sport S dan Sport S+.

Harga

Toyota menawarkan setiap varian Seri GS dalam tiga pilihan paket jual yakni, Version L, F Sport dan I Package. Harganya ditawarkan mulai dari 5,1 juta yen (Rp589,7 juta) sampai 8 juta yen (Rp925,1 juta) per unit sudah termasuk pajak.

Memang belum ada kepastian dari Lexus Indonesia kapan produk ini masuk ke Indonesia. Tapi, meihat besarnya potensi, bisa jadi akhir tahun!? Mari kita sama-sama tunggu.
Sumber : Topspeed