Jumat, 27 Januari 2012

Tiga Model Lagi dari Proton untuk Pasar Indonesia

Selain Proton Exora, Proton Edar Indonesia masih punya 3 model lagi untuk meramaikan pasar nasional. Tapi dua model sudah dipastikan dan disebut oleh Mazlan Mohd. Zain, GM Marketing PEI, di kantor pusat di Arteri Pondok Indah, Jakarta Selatan, kemarin (26/1/2012) akan dihadirkan pada event PRJ, Juni ini.
"Kita sedang menyiapkan sedan bermesin turbo. Nama dan model belum bisa diberitahukan, yang jelas memakai kode produksi P321A," tegas Mazlan. Menurutnya, turbo dipasang pada mesin Campro berkapasitas 1.6-liter.
Kabar yang didapat dari media Malaysia, Kereta, kode produksi tersebut merupakan model pengganti dari Persona R bernama Tuah. Dan saat ini tim PEI sedang melakukan serangkaian uji coba keliling Jawa untuk membuktikan performa dan ketahanan produk sejak awal Januari dan akan berakhir 2 minggu mendatang.
Beberapa fitur juga akan hinggap pada sedan turbo tersebut antara lain 6 airbags sebagai pengaman pengemudi dan penumpang yang tersebar di baris depan dan belakang. Kemudian, sedan ini dilengkapi teknologi  start/stop (irit bahan bakar).
Selain itu sedan tadi, PEI juga tengah menyiapkan Exora berturbo sebagai varian tertinggi MPV andalan PEI. Satunya lagi, city car hasil kerja sama dengan Lotus.  "Di sana (Malaysia) mobil kecil tersebut masih berupa prototipe yang sedang melakukan uji kelayakan. Kalau semua berjalan lancar akhir tahun ini akan diluncurkan," tutup Mazlan.
Sumber : KompasOtomotif | Author : Aris F. Harvenda