Jumat, 27 Januari 2012

Range Rover Defender Diproduksi di India

Menyebut mobil jip yang paling dibangga-banggakan dari Inggris saat ini adalah Defender. Produk legendaris dari Land Rover 4x4 yang pertama kali diproduksi pada 1949. Kini, Land Rover di bawah pemilik baru Tata Motors siap melanjutkan Defender di India.

Padahal, Land Rover beberapa tahun terakhir sudah membuat lisensi perakitan Defender di beberapa negara seperti Turki dan Brasil. Kenyataannya, sampai saat ini Defender terus  diproduksi di pabrik Solihull, Inggris. Tiga tahun mendatang (2015), Ratan Tata, Presiden Direktur Tata Motors memastikan produksi generasi baru Defender dialihkan ke pabrik Pune, India. Hasilnya bukan cuma memasok pasar domestik India tapi akan dieskpor ke seluruh dunia.

Tata berharap dengan mengalihkan produksi ke India, ongkos produksi Land Rover akan lebih kompetitif ketimbang di Eropa. Selain itu, juga lebih dekat ke kawan Asia Pasific yang menjadi target utama penjualan.

Terkait Defender generasi baru, Land Rover pernah menampilkan konsep DC100 yang disebut-sebut sebagai suksesor Defender di masa mendatang.
Ketika kelak diproduksi menggunakan sasis tangga T5 seperti yang dipakai pada Discovery dan Range Rover Sport. Selain itu, Tata juga bakal memanfaatkan sasis ini untuk model SUV Aria yang bakal diproduksi di pabrik yang sama. Kedua sasis memang tak akan identik, tapi dari dimensi, spesifikasi dan proses perakitan dipastikan sama.
Sumber : Carscoop