Friday, March 2, 2012

Phibian, Si Dua Alam yang Bisa Melesat di Tol

 Lembaga militer sebisa mungkin memiliki kendaraan yang siap di segala medan. Setelah darat, laut, dan udara, kombinasi pun diperlukan seperti misalnya kendaraan untuk air dan daratan. Di sinilah Gibbs Technologies menciptakan kendaraan yang bisa melaju di dua alam.

Namanya, Phibian yang diklaim bisa melaju di jalan tol karena kecepatannya memenuhi syarat peraturan di jalur bebas hambatan. Sementara itu, kecepatan di air mencapai 48,2 km per jam. Ini bukan angka yang hebat memang, tetapi lumayan bagi sebuah kendaraan angkut yang bisa membawa 15 orang (3 kru dan 12 penumpang) atau bobot maksimal 1,5 ton.

Mesin yang digunakannya adalah diesel twin turbo untuk melaju di darat, sementara di laut menggunakan twin jet, dengan tenaga total 500 HP (gabungan).Ketika berjalan dari darat dan masuk ke air, Phibian butuh waktu 10 detik untuk mengubah fungsinya. Waktu sesingkat itu hanya untuk melipat keempat roda yang berukuran 275/80R20 setelah masuk ke air.

Dengan dimensi panjang 9.212 mm x lebar 2.532 mm x tinggi 3.654 mm dan bobot kosong 4,5 ton, Phibian dilengkapi sistem gerak multi-opsi depan-belakang atau pilih FWD-RWD dan 4WD serta sistem rem hidraulis dan tipe kemudi power-assisted hydraulic.

Phibian memiliki  ground clearance 353 mm dan  kedua roda, baik depan maupun belakang,  bergerak lentur mengikuti kontur permukaan jalan. Untuk depan cambernya bisa sampai 30 derajat, sedang belakang 28 derajat. Desain ini pula yang memungkinkannya bisa melaju di medan-medan ekstrem dan begerak sigap sehingga diberi kode jenis "High Speed Amphibian". (Dimas)



Sumber : Gibbstech


No comments:

Post a Comment