Tuesday, January 10, 2012

Mercedes SL Generasi Keenam, Tetap Bergaya Roadster

Mercedes-Benz (MB) memperkenalkan model SL terbaru atau generasi keenam. Dieter Zetscehe, CEO Daimler AG dalam sabutan saat konferensi pers di pembukaan NAIAS 2012 mengatakan, roadster ini akan menjadi  salah satu duta MB untuk meraih posisi teratas. 
Meski penampilan masih mirip dengan pendahulunya (konservatif), generasi keenam ini menggunakan basis berbeda dan kini memiliki kode produksi R231 (sebelumnya R230). Atap yang dibuat dari pelat  kini bisa dilipat dan disimpan hanya dengan menekan tombol (bekerja dengan listrik) hanya dalam 20 detik.
Kini badan SL terbaru ini sebagian besar dibuat dari aluminium.  Hasilnya, bobot turun sampai 125 kg namun lebih kokoh 20 persen. Evolusi lain adalah, penggunaan plastik pada 'hidung' untuk mengurangi cedera bila menabrak pejalan kaki. Selajutnya, melidungi penumpang saat terjadi kecelakaan dengan kondisi terguling, pilar A dibuat dari serat baja dan roll bar sandaran kepala dari magnesium.
Mercedes menawarkan dua mesin yang tidak banyak mengalami perubahan, namun efisiesinya kini diklaim 22 persen lebih baik. Mesin pertama, V6, 3.5-liter dan tenaga 302 PS. Kemampuan berakselerasi 0-100 kpj diklaim  5,9 detik (lebih cepat 0,3 dari generasi kelima). Mesin kedua, V8, 4.7-liter, turbo ganda, bertenaga 429 PS dan mampu sprint 4,6 detik untuk 0-100 kpj. Kedua mesin dipasangkan dengan transmisi otomatis 7 percepatan.
Untuk memberikan kenyamanan dan stabilitas, Mercedes-Benz  masih mempercayakan sistem suspensi lama,  yaitu multilink yang dipasangkan dengan peredam (damper) semi aktif. Sementara fitur ketinggian mobil yang bisa  diatur melalui suspensi atau sistem yang disebut Active Body Control hidraulik, ditawarkan sebagai opsional. 
Sumber : autocar

No comments:

Post a Comment