Rabu, 11 Januari 2012

NS4 Filosofi Desain Baru Toyota

Toyota memberikan kejutan kepada pengunjung NAIAS 2012, termasuk wartawan, dengan memamerkan mobil konsepnya yang sensional, yaitu NS4. Penampilan sedan ini memang aduhai. Wajahnya seperti paruh burung, gril trapesium yang posisinya cukup rendah bahkan berada di bemper. Di atas lampu depan dipasang lis aksen silver seperti alis mata. Gaya tersebut juga digunakan pada mobil konsep Lexus, LF-LC. Tak kalah sensional adalah bukan pintunya membuka seperti sayap burung camar (gull wing).
"Desain ini mampu menciptakan hubungan emosional dengan konsumen," jelas Jim Lentz, Presiden dan CEO Toyota Amerika Serikat. Ditambahkan, pada era digital saat ini, mobil bukan sekedar alat transportasi, juga  harus bisa berfungsi sebagai gadget oleh pemiliknya. Untuk itu, Toyota mencoba  menggabungkan hal tersebut melalui NS4.
Khusus untuk kaca, dibuat dari hasil gabungan 4 jenis bahan, yaitu hidrofobik, resin, lapisan anti utraviolet dan anti terik surya. Gabungan keempat bahan tersebutr juga berfungsi sebagai anti kabut, mengurangi dampak sinar ultraviolet (UVA dan UVB) hingga 99 persen. Dengan demikian,  temperatur kabin bisa tetap sejuk dan tidak menganggu kondisi perlengkapan elektronik tyang berada di dalam mobil.
Desain interior berkesan futuristis, mewah dengan tampilan minimalis. Semua perangkat yang ditanamkan di dalamnya, rata-rata sudah menggunakan teknologi layar sentuh. Untuk peranti lunak (software) dan keras (hardware), Toyota bekerja sama dengan Microsoft, Intel dan Salesforce.
Sebagai sumber penggerak, Toyota menggunakan Hybrid Synergi Drive atau NS4 akan menjadi mobil hibrida. Kendati demikian, mesin bensin yang digunakan berkapasitas 2.0-liter. Di samping hibrida penuh, hybrid electric vehicle (HEV), Toyota juga menyediakan varian Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).
Sumber : toyota usa