Tuesday, January 10, 2012

Lexus LF-LC Concept, Kombinasi Keindahan dan Kecanggihan

Salah satu mobil konsep premium yang sangat menarik dan diperkenalkan pada hari pertama “Press Day” NAIAS 2012 kemarin adalah Lexus LF-LC Concept. LF-LC adalah hibrida Sport Coupe 2+2. Menurut rilis Lexus Amerika Serikat, LF-LC Concept yang  dirancang di Calty, California, Amerika Serika, dibuat khusus untuk mengeksploitasi rancangan Lexus di masa yang akan datang

Revolusi

“Konsep yang kami hadirkan  hari ini di Detroit memperlihatkan revolusi desain Lexus yang dimulai dengan CT dan GS,” kata Mark Templin, Vice President dan GM Lexus Group. Dilanjutkannya, “Hibrida 2+2 konsep ini adalah mobil sport yang mengabungkan dan mendorong sampai ke batas performa, gaya dan teknologi sampai ke batas maksimal.”

Dijelaskan pula, desain lampu belakang Lexus ini diihami oleh ekor turbin pesawat jet (afterburner). “Pertama kali melihat mobil ini, saya sampai kagak bisa ngomong,” cetus Templin tentang desain mobil ini. Hanya dikatakan, LF-LC merupakan  evolusi fase ketiga dari Lexus.

Tahap pertama dan kedua yang telah dilewati Lexus adalah pengembangan merek, sedangkan fase kedua ekspansi fortofolio produk dan pertumbuhan penjualannya.

“Fase ketiga, semuanya fokus pada emosional dan inspirasional produk,” lanjut Templin. Ia mencontohkan, All-New GS sebagai salah satu model Lexus pertama yang berada pada fase ketiga. Hal tersebut dibuktikan sukses pasar kendati baru diluncurkan beberapa minggu.
Interior
Dibeberkan pula, belum pernah ada sebelumnya mobil dengan desain pilar kaca ke kaca yang diilhami oleh arsitektur moderen. Sedangkan kabin yang dinilai desainnya sangat dinamis, fitur yang dibanggakan adlaah  dua  layar LCD 12,3 inci di dasbor.

Interior LF-LC dinilai kontras terhadap teknologi maju. Permukaan interior dipenuhi dengan  tekstur lembut dan bentuk organik. Tujuannya, untuk menciptakan sinergi bentuk agar pengemudi fous pada tugasnya mengemudi. Sedangkan desain kokpit dinilai mengekpresikan keterbukaan dan keamanan.Suasana kabin dinilai intuitif. Pasalnya, dengan kontrol layar sentuh, memungkinkan pengemudi mengoperasikan tombol kontrol tanpa mengubah posisi atau memalingkan penglihatannya.

Lexus LF-LC dipasangi dengan  sistem kontrol audio, kontrol suhu dan navigasi dan  koneksi  dengan kibor (keyboard) layar sentuh pop-up. Untuk mengoperasi kaca pintu dan kaca spion, setelah jok dan sistem hiburan khusus (personal), juga dilakukan melalui layar sentuh yang dipasang di bagian dalam pintu.

Instrumen yang berada pas di depan pengemudi yang diseubt multi-level teknologi analog dan LCD. Bagian bawah menayangkan suhu, indikator bahan bakar dan latar belakang untuk Ecometer. Lapisan tengah tachometer, sedangkan paling atas tachometer, speedomter dan Ecometer.
Sumber : NAIAS 2012

No comments:

Post a Comment