Rabu, 11 Januari 2012

Foton Ganti MP-X Midi dengan Tunland

Foton Mobilindo, dua tahu lalu sempat menyatakan minatnya memasarkan multi purpose vehicle (MPV) 7-penumpang, yiaut MP-X Midi di Indonesia. Namun, setahuh melakukan uji-coba, rencana untuk memasarkannnya dibatalkan.  

"Kurang kompetitif. Jumlah penjualannya di China juga sedikit, harganya pun jadi mahal," jelas Hendry Marzuki Chief Executive Officer PT Foton Mobilindo. Di samping itu ditambahkan lagi persaingan dengan merek-merek Jepang yang sudah punya nama.

Sebagai pengganti, Foton  berencana memboyong Tunland untuk mengisi segmen pikap, baik kabin ganda maupun tunggal di Indonesia. Sedikit menggeser target pasar. Foton lebih "pede" penggarap segmen niaga ketimbang "passanger" di Indonesia.

"10 unit perdana akan masuk Indoensia Februari ini untuk uji coba. Target kami IIMS (Indonesia International Motor Show), September (2012) sudah bisa diluncurkan," lanjut Hendry.

Tunland adalah dipersenjatai dengan mesin diesel common rail 2,8 liter dari Cummins. Dua varian yang ditawarkan, yaitu 4x2 dan 4x4 dan fokus untuk pertambangan dan perkebunan di Sumatera dan Kalimantan. "Untuk harga masih belum bisa ditentukan. Namun diperkirakan di bawah merek Jepang," tutup Hendry.
Sumber : www.themotorreport.com.au